real
        time web analytics

Dari Kami

Desk Collection Bank Bisa Jadi Lahan Untung Fresh Graduate


TOPCAREER.ID  - Industri perbankan masih menjadi salah satu incaran fresh graduate untuk menjajal kemampuan dalam terjun di dunia kerja. Bidang akuntan, teller, customer service memang paling dikenal di dunia perbankan. Lalu bagaimana dengan desk collection? Bidang ini juga bagian dari perbankan lho, dan bisa menjadi lahan untuk para fresh graduate.

“Buat fresh graduate pekerjaan ini bisa jadi solusi banget. Buat cari gengsi kerja di bank, gaji juga lumayan. Malah di sini tuh kayak nerima banget fresh graduate,” kata Annisa Daulay, staff desk collection PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kepada TopCareer.id.

Menurut Annisa, untuk bekerja sebagai desk collection tidak diperlukan jenjang pendidikan dengan jurusan tertentu. Mulai dari lulusan D3 hingga S1 dari jurusan mana pun bisa berkesempatan bekerja sebagai desk collection.

“Temen saya ada yang dari SPd, Perawatan, macam-macam background pendidikannya. Tapi yang penting di kerjaan ini sih kemampuan bicara, bagaimana lobi-lobi nasabah kita. Terus sabar juga ngadepin karakter orang yang macam-macam,” ujar perempuan yang akrab disapa Ica.

Jadi sebenernya desk collection itu kerjanya apa? Desk collection Bank Mandiri bekerja menagih piutang bank yang dimiliki nasabah dari produk kartu kredit. Namun, jangan dikira pekerjaan desk collection menagih utang dengan cara “nyeremin”. Desk collection merupakan “pengingat” bagi nasabah yang kartu kreditnya menunggak untuk jangka waktu tertentu, dengan cara menelepon.

“Kerjaan ini banyak dianggap jadi kerjaan yang menyeramkan bagi sebagian orang karena hubungannya sama piutang bank. Kalau sudah dengar collection tuh kesannya kayak udah serem aja gitu. Sebenernya gak juga, padahal kan bank juga punya etika buat berhubungan sama nasabah. Itu kan ada kode etiknya.”

“Kalau saya itu desk collection. Maksudnya pekerjaannya lewat kantor, bukan yang datangin ke rumah orang. Collection itu banyak, tergantung produk bank nya juga kan. Ada desk collection dan field collection. Kalau saya kan kartu kredit, itu bucket-nya (tim) banyak,” tambah Annisa.

Dalam divisi colletion Bank Mandiri, ada pembagian bucket atau tim berdasarkan waktu tunggak kartu kredit nasabah. Annisa menyebutkan ada bucket depan dan bucket belakang.

Untuk bucket depan, bekerja menagih atau reminder penunggak yang masih dalam jangka waktu sebulan hingga 4 bulan. Sementara, bucket belakang menagih penunggak yang waktunya mencapai tahunan sehingga tergolong tingkatan yang sulit.

“Kalau saya kan masih yang current past due, paling cuma ngereminder doang , ngingetinlah. Yang nagih tahun-tahunan itu namanya recovery. Itu yang termasuk susah dan masih bidang collection juga. Jadi orang yang udah bertahun-tahun hilang, atau pindah rumah, tapi harus dicari biar tetap bisa bayar,” jelasnya.

Sementara terkait target yang harus dicapai oleh divisi collection berbeda-beda. Annisa menjelaskan, target dibedakan berdasarkan bucket-nya. Bucket depan, targetnya hanya berupa kuantitas orang yang ditelepon, sedangkan bucket belakang  targetnya berupa payment atau pembayaran.

“Kalau kami paling 400 sampai 500 call sehari, tapi kan enggak semuanya nyambung. Sehari yang angkat telepon bisa 150-an. Itu sudah mentok banget kalau kami sudah capek. Kalo bucket belakang targetnya lebih dikit, mereka kan lebih ke payment. Sehari bisa negosiasi berapa orang, terus dapet berapa dari nego itu. hitungannya per bulan, terus diakumulasi yang payment dapet berapa juta nih,” papar Annisa.

Menurutnya, pekerjaan desk collection membutuhkan kesabaran yang ekstra karena berhadapan dengan beragam karakter orang dan dari berbagai kalangan, mulai dari anggota DPR, artis, direktur, sampai orang biasa. Jadi keterampilan berkomunikasi dan membaca angka dianggap penting. “Kami kan mengutamakan service, dimarah-marahin juga tetap enggak boleh marah-marah, sebisa mungkin jangan.”

Bicara soal gaji dan tunjangan, bekerja di bank seolah tak perlu khawatir akan hal tersebut. Annisa pun menyampaikan bahwa gaji yang diterima sebagai desk collection di Bank Mandiri dirasa sangat mencukupi, apalagi kalau untuk jenjang fresh graduate. Tak hanya gaji yang jadi jaminan, tunjangan pun banyak diberikan.

“Kalau lagi rajin banget lembur total Rp4,5 juta bersih, soalnya kan ada potongan BPJS atau pajak. Nah kalau tunjangan itu banyak banget di sini (Mandiri). Uang cuti, THR yang kalau sudah lebih dari setahun kerja, bisa dapet 2 kali gaji. Setiap tahun gaji pasti naik,” ujarnya.

“Kami juga dapat asuransi in health Mandiri. Jadi kalau kami pakai in health, kami berobat ditanggung 90 persen, kami cuma bayar 10 persen. Misalkan kami berobat Rp500 ribu, cuma bayar Rp50 ribu. Buat fresh graduate untung banget lah.”

Meski bidang pekerjaan ini tampak tidak perlu memiliki keahlian khusus dan mendapat beragam reward yang menarik, namun banyak yang perlu menjadi perhatian. Salah satunya yang ditekankan adalah bagaimana melakukan pelayanan yang baik terhadap nasabah.

“Kan kami kayak bagian pelayanan juga ya. Bedanya enggak kayak CS yang ketemu langsung, tapi lewat telepon. Terkadang ada yang sampai datang ke kantor karena complain diperlakukan kasar oleh desk collection. Tapi kami enggak bisa ngadepin orangnya secara langsung, atasan kami yang nemuin. Kalau complain lewat telpon, ya atasan yang telepon minta maaf. Kami sebenarnya dilindungi.”  

Bagaimana? Setelah melihat ulasan pekerjaan mengenai desk collection yang juga bekerja di industri perbankan, menarik bukan? Terlebih bagi kamu fresh graduate yang masih bingung bekerja di mana dan belum mendapat pekerjaan sesuai bidangnya.

0 Comments

Lowongan Terbaru