real
        time web analytics

Dari Kami

Diskusikan Gaji dengan Teman, Berani?


TOPCAREER.ID -  Tidak sedikit orang yang menilai gaji merupakan hal yang tabu untuk dibicarakan dengan rekan kerja atau teman. Lantas bagaimana jika kamu ingin berdiskusi soal gaji dengan teman. Berikut tipsnya. 

Mengerti Situasi Teman

Karena bicara gaji adalah hal yang tabu dan sensitif bagi sebagian orang, sebaiknya Anda mengerti posisi teman. Jika ia tengah bermasalah dengan keuangan atau gajinya lebih rendah dari Anda, hindari membagi topik-topik yang terkesan pamer. Dengan begitu, Anda tidak akan menyinggung perasaannya.

Terbuka dan Jujur

Membicarakan gaji dengan teman bukan berarti Anda terlalu ingin tahu atau mau membanding-bandingkan. Hal tersebut bisa dilakukan untuk berbagi pikiran dan pengalaman mengenai pengelolaan keuangan. Jika Anda memang ingin mendiskusikannya, coba mulai terlebih dahulu dengan terbuka dan jujur. Dilansir My Domine, membicarakan penghasilan bisa memberi pengaruh baik untuk karier Anda jika memang gaji teman ternyata lebih tinggi karena dapat memotivasi.

Setara Pendapatan

Agar aman, coba pilih teman atau rekan kerja yang sekiranya setara dalam hal jumlah pendapatan atau masalah keuangan. Jika memang gaji Anda berdua tidak berbeda jauh, hal itu akan memimalisasi rasa cemburu di antara kalian. Dengan orang tersebut, Anda pun bisa meminta pendapat mengenai masalah keuangan dengan lebih leluasa dan cocok.

Berbagi Kesalahan Finansial

Jangan hanya fokus pada angka penghasilan teman. Jika bisa, coba diskusikan pula mengenai problema bahkan kesalahan dalam mengelola keuangan yang selama ini sering dihadapi. Hal itu sepertinya lebih nyaman dibicarakan dengan teman dekat atau sahabat yang memang tidak menilai Anda atau membicarakan di belakang. Apalagi bila orang itu memang dikenal baik mengatur uang.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait