real
        time web analytics

Dari Kami

Duh, Freshgrad Belum Paham Skill Penting Menurut Perusahaan


Beda anggapan skill yang penting menurut Perusahaan dan Lulusan Universitas

TOPCAREER.ID – Ternyata berdasar survei terbaru QS Global, skill atau keterampilan yang dinilai penting oleh perusahaan/industri berbeda dengan yang dianggap penting oleh para lulusan universitas. Nah, ada kesenjangan antara industri dengan keterampilan yang dimiliki lulusan universitas ini. 

QS Global Employer Survey 2018 telah menyoroti kesalahpahaman yang dimiliki siswa tentang keterampilan yang diinginkan para pengusaha dan bidang-bidang di mana ada kesenjangan keterampilan pascasarjana.

Dalam laporan ini, lebih dari 11.000 pengusaha disurvei di seluruh dunia dan jawaban mereka kemudian dibandingkan dengan tanggapan dari 16.000 calon mahasiswa.

“Siswa tidak sepenuhnya memahami bagaimana nilai dari keterampilan suatu perusahaan. Sebagai contoh, siswa relatif terlalu tinggi menilai pentingnya kreativitas dan keterampilan kepemimpinan, dan meremehkan pentingnya fleksibilitas atau kemampuan beradaptasi dan kerja tim,” kata laporan itu sepeti dilansir News Australia.

Chief Executive Officer QS, Nunzio Quacquarelli mengatakan pengembangan soft skill, seperti bekerja sama dengan tim dan ketahanan, malah hampir sama pentingnya dengan keterampilan teknis dan pengetahuan yang diperoleh selama berpendidikan di universitas.

Ia mengatakan akan lebih penting bahwa universitas mempersiapkan lulusan untuk dunia kerja dan termasuk di dalamnya pengembangan soft skill yang diinginkan perusahaan atau industri.  

“Peluang untuk magang, belajar di luar negeri, kegiatan ekstrakurikuler dan belajar aktif dapat berkontribusi pada pengembangan ini dan keahlian lainnya yang diinginkan universitas,” ujarnya.

Annette Cairnduff, manajer umum penelitian, evaluasi, dan kemitraan di Yayasan Young Australia, mengatakan hasil itu selaras dengan laporannya, The New Work Reality, yang menemukan bahwa anak muda percaya bahwa alasan utama mereka tidak bisa mendapat pekerjaan full-time karena mereka tidak memiliki keterampilan yang dicari perusahaan.

Annette mengatakan, pekerja dengan "soft skill" atau dia lebih suka menyebutnya dengan “enterprise skill” yang meliputi kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, kerja tim dan literasi digital, sangat dibutuhkan.

“Pengusaha sudah bersedia membayar lebih untuk anak-anak muda yang memiliki keterampilan ini. Itu keterampilan yang sulit untuk dipelajari, tetapi keterampilan yang paling portable,” kata Annette kepada news.com.au.

Keterampilan yang dinilai oleh perusahaan/industri sebagai yang paling penting bagi lulusan:

1. Pemecahan masalah

2. Kerja tim

3. Komunikasi

4 Adaptasi

5. Analisis data

6. Ketahanan

7. Organisasi

8. Keterampilan teknis

9. Kreativitas

10. Kepemimpinan

11. Bahasa

12. Kesadaran komersial

Keterampilan yang dianggap siswa adalah yang paling penting:

1. Kreativitas

2. Organisasi

3. Pemecahan masalah

4. Kepemimpinan

5. Kerja tim

6. Komunikasi

7. Ketangguhan

8. Kesadaran komersial

9. Adaptasi

10. Keterampilan teknis

11. Bahasa

12. Analisis data

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru