real
        time web analytics

Dari Kami

Duh...Yang Jago Make up Aja Bisa Buyar Ngadepin Klien


TOPCAREER.ID – Merasa sudah jago dengan kemampuan make up yang dimiliki lantaran sering nge-vlog dengan merias wajah sendiri? Coba praktekin di wajah orang lain, tahu enggak yang pantas seperti apa? Karena ada yang sudah jago make up, namun saat praktik ke orang lain, hasilnya enggak memuaskan. 

Arty Ardiwinata, seorang make up artist bercerita kepada TopCareer.id soal pengalaman temannya yang ketika sekolah punya keahlian make up yang luas biasa. Namun, nyatanya malah enggak bisa menangani “cerewetnya” kemauan klien hingga akhirnya malah menyerah. 

“Waktu belajar jago banget, bagus banget, tapi waktu pertama kali handle klien, itu mungkin enggak tepat, dibawelin. Saat make up, klien ini enggak suka, marah, kemudian maki-maki. Itu membuat dia trauma banget, sampai akhirnya dia berhenti enggak mau lagi merias orang,” tutur Arty.

Arty berpendapat bahwa untuk menjadi entrepreneur make up artist, tak hanya butuh keahlian yang sangat mantap, melainkan juga mental yang teruji. Karena, pada akhirnya akan banyak berhadapan dengan beragam karakter klien. 

Ia mengakui jika beauty vloger atau influencer punya kreativitas tinggi dalam mengaplikasikan make up, namun hal itu berbeda jika menangani make up klien seperti bridal.

“Satu hal yang memang susah untuk make up live, kalau memang untuk hobi-hobian untuk vlog blog, mereka excellent banget, tapi belum tentu bisa handle klien. Karena bukan make up-nya aja, tapi juga kliennya, bagaimana agar enggak kecewa dengan kami. Pokoknya secara psikologisnya banyak,” ucap Arty.

Apalagi jika sudah berhadapan dengan klien yang BM alias banyak mau, kalau tidak mampu menanganinya, maka hal seperti yang dialami temannya kemungkinan akan terjadi. Pahit-pahitnya sampai menderita trauma dalam merias orang lain. 

“Ketika sudah punya skill-nya, begitu nanganin klien itu semua berubah. Jadi enggak template. Kami benar-benar ngikutin mau klien, dan itu harus jam terbang. Meski udah hebat Youtube bagus banget, kalau memang nanganin klien itu pun harus bisa terbiasa,” pungkasnya. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru