real
        time web analytics

Dari Kami

Enggak Cuma Jaga Kestabilan, Ini 5 Alasan Fotografer Pakai Tripod


TOPCAREER.ID – Fotografer manapun butuh yang namanya tripod dan paham di situasi seperti apa tripod itu akan sangat diperlukan. Kegunaaan tripod emang bisa membuat beragam shoot jadi lebih stabil dan tepat. Tripod juga memberikan fleksibilitas lebih banyak kepada fotografer.

Berikut alasan atau situasi di mana tripod jadi hal penting dalam tiap pengambilan shoot fotografer dikutip dari beberapa sumber.

1. Memotret dengan Cahaya Minim atau Fotografi Malam Hari

Saat gelap, fotografer dipaksa menggunakan kecepatan lambat atau ISO tinggi, dan terkadang keduanya. Stabilitas tripod memungkinkan fotografer untuk menggunakan kecepatan rana lambat dan ISO rendah sambil menjaga gambar agar tetap tajam. 

Kamu dapat mengekspos selama yang kamu inginkan! Selama subjek kamu tidak bergerak, gambar akan tetap jernih. Dalam beberapa kasus mungkin ingin bagian dari gambar bergerak, seperti sapuan bintang di langit. Cara termudah untuk tetap bermain dengan kamera di malam hari adalah dengan tripod.

2. Fotografi Makro

Dengan foto yang diambil dari jarak dekat, setiap gerakan dalam kamera akan diperkuat dan jauh lebih sulit untuk dikendalikan ketika memegang dengan tangan. Dalam kebanyakan kasus, tripod sangat penting dalam fotografi makro untuk menjaga agar gambar tetap fokus dan aperture cukup tertutup sehingga seluruh subjek bisa tajam.

3. Panning

Tripod, atau setidaknya monopod, sangat penting untuk gambar panning. Ini berguna untuk objek apapun yang bergerak, seperti mobil balap, burung terbang, atau orang yang sedang berlari. Beberapa stabilisasi akan memungkinkan fotografer mempertahankan level tembakan.

4. Angle Baru

Dengan menggunakan tripod, fotografer bisa mendapatkan angle baru yang lebih tinggi atau lebih rendah yang tidak dapat dijangkau dengan mudah atau nyaman jika menggunakan tangan. Sebagai contoh, fotografi makro dan memotret bunga lebih mudah jika memiliki tripod di mana kolom tengah dapat dipindahkan dari nol ke sudut 180 derajat. 

Selain itu, dapat menggunakan kamera yang menghadap ke tanah atau pada 90 derajat jika memotret ke arah hamparan bunga. Beberapa tripod juga memiliki kaki tuas rendah khusus dan lengan makro yang berarti bisa memposisikan kamera di hampir permukaan tanah.

5. Panorama

Panorama dibuat dengan menyatukan serangkaian foto bersama (baik dalam kamera atau selama pascaproduksi) yang diambil dengan memindahkan kamera dari satu sisi bingkai ke bingkai lainnya. Hal tersebut mungkin akan membuat tumpang tindih di antara setiap bingkai. Nah, tripod akan menjaga jepretan tetap stabil dan lebih mudah untuk digabungkan bersama-sama jika melakukannya secara manual.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru