real
        time web analytics

Dari Kami

Enggak Perlu Mahal, Ketahui Lebih Dalam Alat Gambar Sketsa


TOPCAREER.ID – Mau menggambar sketsa itu enggak perlu modal yang mahal. Cukup punya pensil, kertas sebagai media gambarnya, serta penghapus membantu selama proses gambar. Namun, seenggaknya kamu perlu paham nih, pensil yang seperti apa, atau kertas yang bagaimana untuk menggambar sketsa.

Pensil

Mozley Ahmad Kusnandar, seniman pembuat sketsa yang sudah ahli ini menjabarkan, setidaknya ada dua jenis pensil yang dipakai dalam menggambar sketsa. Ada yang namanya graphite pencil dan pensil jenis karbon. Mozley lebih menyarankan bagi pemula, gunakanlah pensil graphite yang mudah dihapus.

“Kalau mau untuk sketch lebih cepat bisa pakai (pensil) karbon, tapi kalau untuk arsir itu pakai graphite. Kalau graphite itu lebih lunak, karbon itu enggak bisa dihapus. Jadi, kalau masih belajar pakai karbon itu untuk menggambar wajah kurang pas. Tapi kalau untuk profesional apa saja bisa,” kata Mozley kepada TopCareer.id.

Pensil graphite itu seperti pensil yang biasa digunakan pada umumnya dengan ukuran HB, 2B, 3B, 4B, 5B dan sebagainya. Pensil graphite memiliki ciri mata pensil yang berwarna hitam mengkilat. Sementara, kalau pensil karbon itu warna hitam seperti arang.

“Karbon itu biasanya Stadler 8B. Tapi, 8B ini ada yang karbon ada yang graphite. Sama-sama 8B, Stadler mengeluarkan 2 karakter pensil, ada yang graphite dan karbon. Kalau untuk pensil bisa setara Rp6-8 ribu, tergantung tokonya. Penghapus bebas."

Kertas

Hayooo.. enggak asal kertas yang digunakan untuk gambar sketsa yaa. Mozley menyampaikan, kertas yang bagus untuk menggambar, yakni yang punya permukaan kasar. Biasanya kertas yang digunakan adalah kertas BC (brief card) untuk kertas yang tipis dan BW (blues white) untuk media kertas yang lebih tebal.

“Masing-masing ukurannnya, itu bisa 100x150cm atau samapi 160cm juga ada. Kalau kertas BC itu Rp2 ribu. Kalau dipotong jadi A4 bisa jadi 8 kertas," ujar Mozley.

Kanvas

Enggak hanya kertas BW dan BC saja yang bisa dibuat untuk menggambar sketsa, Mozley juga kerap diminta menggambar di atas kanvas oleh para kliennya. Namun, kata Mozley, untuk menggambar di kanvas pakai pensil, permukannya harus halus. Sehingga ada hal yang harus dilakukan sebelum menggambar.

“Pensilnya itu pensil yang karbon, tapi kanvasnya harus di-mix lagi, dikasih cat tembok lagi kemudian diampelas sehingga lebih halus permukaannya.”

0 Comments

Lowongan Terbaru