real
        time web analytics

Dari Kami

Exit Interview Harusnya Korek Beragam Informasi Penting


TOPCAREER.ID – Tak rela rasanya jika kehilangan pekerja yang terampil dan berbakat. Mengetahui alasan di balik keluarnya sang talent pun menjadi penting. Di sini ada fungsi exit interview yang dilakukan ketika pekerja resign.

Exit interview seharusnya bisa berisi banyak informasi yang mungkin tidak pernah diperoleh perusahaan. Namun, saat ini dalam beberapa kasus, exit interview seolah hanya formalitas dan pada akhirnya informasi yang diperoleh pun selalu sama. 

“Ini (exit interview) memberi karyawan kesempatan untuk berbagi wawasan mereka mengenai masalah seputar budaya seperti perusahaan, proses, gaya dan strategi manajemen, strategi keterlibatan karyawan, etika tempat kerja, dan sebagainya,” jelas Direktur pelaksana Manpower Group Afrika Selatan, Lyndy van den Barselaar, dalam Times Live.

Sementara menurut Kim Cooper, Spesialis Hukum Perburuhan dan Sumber Daya Manusia di HR Support, jika exit interview dilakukan dengan benar, itu bisa mengumpulkan informasi yang sangat berharga tentang hal-hal yang tidak berfungsi dengan baik di perusahaan. 

“Mungkin juga menawarkan informasi tentang hal-hal yang berfungsi dengan baik, dan mana yang harus dibiarkan sendiri,” jelas Kim.

Janine Letizia, manajer pengembangan bisnis di Quest, mengatakan wawancara selalu dilakukan oleh departemen sumber daya manusia. Tetapi orang-orang mungkin merasa lebih jujur  tentang alasan sebenarnya mereka meninggalkan perusahaan jika wawancara dilakukan dengan pihak luar.

“Mereka merasa orang itu tidak mengenal mereka dan tidak tahu politik internal perusahaan, yang membuatnya lebih mudah untuk terbuka dan jujur.”

Profesor Everett Spanyol di Akademi Militer Amerika Serikat dan Boris Groysberg dari Harvard Business School mengatakan uang bukan satu-satunya alasan orang pergi.

Wawancara harus mengungkap pemahaman yang lebih baik tentang persepsi karyawan tentang desain pekerjaan, kondisi kerja mereka, budaya perusahaan dan rekan kerja karyawan.

Ini juga merupakan kesempatan untuk mengumpulkan informasi tentang “daya saing” perusahaan dalam hal kemampuan karyawan untuk maju, berbagai manfaat yang tersedia bagi mereka, dan bahkan jumlah waktu istirahat.

 

0 Comments

Skills