real
        time web analytics

Dari Kami

Fakta-Fakta Seputar Profesi Pengatur Lalu Lintas Udara


TOPCAREER.ID – Sebagai pengatur lalu lintas udara, seorang Air Traffic Controller (ATC) harus punya kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan. Salah-salah sedikit, nyawa ratusan orang bisa melayang. Faktanya memang ATC dianggap sebagai pekerjaan dengan tingkat stress tinggi. Selain itu, ada fakta-fakta menarik lainnya tentang ATC. 

1. Beberapa dari mereka tidak bekerja dari bandara

Ketika Anda membayangkan pengontrol lalu lintas udara atau ATC, Anda mungkin membayangkan seseorang bekerja di menara kaca tinggi di bandara. Namun, banyak pengontrol bekerja keras di Terminal Radar Approach Control (TRACON) atau di pusat rute, yang mungkin terletak jauh dari bandara.

Menurut pengontrol lalu lintas udara Chris Solomon, yang mengendalikan pesawat untuk militer, pengontrol di masing-masing dari ketiga jenis fasilitas memiliki tanggung jawab yang berbeda. 

“Pengontrol menara tipikal mendapatkan pesawat dari gerbang ke landasan pacu dan kemudian mengudara ke jarak sekitar lima mil dari bandara. Pesawat kemudian di bawah pengendali pendekatan (TRACON),” katanya kepada situs web Art of Maneness.

2. Usia adalah faktor utama

Beberapa pengontrol lalu lintas udara memulai karier mereka di militer, sementara yang lain mendaftar ke Federal Aviation Administration (FAA) Air Traffic Control Academy. Tetapi tidak peduli bagaimana masuk ke pekerjaan ini, mereka harus memiliki visi yang baik, pikiran yang tajam, dan kemampuan untuk berpikir dengan cepat dan jelas di bawah tekanan. 

FAA mensyaratkan bahwa pelamar berusia 30 tahun atau lebih muda ketika mereka melamar pekerjaan, dan pengendali harus pensiun pada usia 56, sebelum sebagian besar dari mereka mengalami penurunan mental yang berkaitan dengan usia.

3. Pilot dengan aksen kental bikin ATC frustasi 

Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa resmi penerbangan, tidak semua pilot berbicara dengan baik. Pengontrol lalu lintas udara Brandon Miller, yang bekerja untuk Potomac Terminal Radar Approach Control (TRACON) di Virginia utara, memberi tahu Mental Floss bahwa mungkin sulit untuk berkomunikasi dengan pilot asing.  "Namun, kami berada dalam bisnis komunikasi," katanya.

Ia menjelaskan bahwa belajar untuk memecahkan masalah komunikasi potensial adalah bagian dari pelatihan mereka. Ketika berbicara dengan seorang pilot yang memiliki aksen kental, pengendali dapat berbicara lebih lambat, mengucapkan kata-kata dengan lebih dramatis, dan mencoba menghindari mengubah rute sebanyak mungkin.

4. Robot tidak akan menggantikan mereka

Meskipun ATC bergantung pada radar dan teknologi lainnya untuk melakukan pekerjaan mereka, mereka tidak dalam bahaya teknologi yang bisa menggantikan mereka dalam waktu dekat. Dengan banyaknya nyawa yang dipertaruhkan, kontrol lalu lintas udara kemungkinan akan selalu membutuhkan manusia untuk memastikan bahwa sistem otomatis berfungsi dengan baik dan teknologi tidak mengalami kegagalan fungsi. 

Dan pengendali menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka untuk membantu penumpang naik dari titik A ke titik B dengan aman. “Ada kebanggaan besar yang saya dan rekan kerja saya tahu bahwa keamanan kontrol lalu lintas udara adalah hal terakhir yang ada di pikiran penumpang ketika mereka tertekuk di pesawat,” kata Miller.

 

0 Comments

Skills