real
        time web analytics

Dari Kami

Fotografer Pro: Semakin Jago, Makin Berat Tripodnya


Ilustrasi.

TOPCAREER.ID – Percaya atau tidak, semakin profesional seorang fotografer, maka peralatan bawaannya pun semakin berat. Salah satunya soal tripod, apalagi untuk fotografi landscape di mana tripod merupakan kebutuhan esensial. 

Charles Widjaja, seorang fotografer mengatakan bahwa tripod yang kuat dan kekar sangat dibutuhkan dalam fotografi landscape. Apalagi, semakin profesional fotografer maka peralatannya pun ikut naik level, sehingga dinilai tidak mungkin jika gear kamera itu berpijak pada tripod yang ringan.

Rata-rata berat tripod mulai 1 kilogram (kg) hingga 2,5 kilogram dengan kapasitas penopang 3-9kg. Seperti merek tripod yang paling dikenal, yakni Manfrotto tipe 055XPRO3. Dengan berat 2,5kg, Manfrotto jenis ini bisa menopang berat hingga 9kg.

“Kalau kita ngomongin masalah tripod, masalah light stand, atau tempat dudukan lampu, percaya bahwa yang paling berat itulah yang paling bagus. Kamera saya Rp 30 juta plus lensa berapa juta, saya pakai tripod yang kecil, begitu kena angin, kena air, Rp30 juta saya hilang,” kata Charles kepada TopCareer.id.

Ia yang pernah hobi fotografi landscape ini mengakui bahwa selama proses pengambilan gambar foto landscape, pasti akan sering menemui hembusan angin begitu juga terjangan ombak. Jadi, kalau salah milih tripod bisa membahayakan peralatan fotografi itu sendiri, terlebih dalam kondisi cuaca yang sulit. 

Menurut fotografer enthusiast di Brussels, Andrea Minoia dalam Expert Photography menyampaikan alasan mengapa tripod sangat esensial untuk fotografi landscape. Menurutnya karena tripod menjaga kamera tetap kokoh saat fotografer mengatur kamera dan filter untuk sebuah jepretan. 

Selain itu juga menghindari guncangan kamera yang tidak diinginkan saat memotret dalam kondisi rendah cahaya. Atau ketika memotret HDR, panorama, long exposure, dan jenis fotografi landscape lainnya. 

Agar tak salah pilih tripod, Andrea lantas memberikan saran bagaimana memilih tripod yang tepat untuk landscape fotografi. 

1. Kalau ingin membawa tripod untuk pemotretan jarak jauh dan medannya kasar, lalu berat tripod jadi pertimbangannya, maka beli tripod yang terbuat dari serat karbon. Material ini lebih ringan dari alumunium atau bahan lainnya. 

2. Ukuran tripod jadi salah satu pertimbangan lain untuk memilih tripod yang tepat. Tripod berukuran penuh (full sized) pasti lebih besar dan lebih berat daripada tripod compact/travel (yang dibangun untuk muat di sebagian besar ransel kamera dan tas tangan).

3. Jika kamu lebih menyukai pertimbangan fleksibilitas daripada soal ukuran dan berat tripod, tripod berukuran penuh biasanya akan memungkinkan fotografer untuk menyusun dari bawah (rendah) hingga tinggi di atas tingkat mata.

4. Tripod dengan kaki multi angel jadi tripod yang paling direkomendasikan agar bisa mengatur tripod dengan aman di medan yang kasar dan tidak rata.

Cara Membeli Tripod Kokoh

1. Pilih tripod dengan beban maksimum 20-30  persen lebih tinggi dari total berat gear yang akan kamu pasang di atasnya.

2. Pertimbangkan bahwa memperpanjang kolom tengah dapat mengurangi stabilitas kamera. Oleh karena itu, pilih tripod yang dapat diatur cukup tinggi tanpa harus memperpanjang kolom pusatnya.

3. Kaki tiga bagian umumnya lebih stabil daripada kaki empat atau lima bagian.

“Ketika berbelanja tripod, jangan lupa untuk memasukkan pertimbangan anggaran soal kepala tripod yang baik: kepala yang rapuh akan membuat setiap tripod kamera profesional tampil seperti tripod mainan yang paling murah,” ujarnya. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru