real
        time web analytics

Dari Kami

Fotografi Jurnalistik Tak Sembarangan


TOPCAREER.ID – Fotografi jurnalistik pada dasarnya bukan merupakan hasil foto sembarangan. Damir Sagolj, fotografer Reuters membagikan beberapa tips dalam fotografi jurnalistik.

Antisipasi

Damir menuturkan bahwa kita harus lebih sering motret sebelum berada di lapangan dengan situasi yang sebenarnya, sehingga kita tidak akan dibingungkan dengan setting kamera dan hanya fokus untuk mendapatkan momen.

Penelitian

Poin ini berkaitan dengan cerita yang dibangun. Apabila akan mengunjungi suatu negara yang belum pernah kita kunjungi, maka penelitian jauh-jauh hari menjadi penting. Kamu harus mengetahui semuanya tentang negara tujuan, terutama isu apa saja yang bakal kita angkat di masa mendatang.

Reach Out

Kamu harus mempunyai banyak teman dan koneksi saat di negara yang belum pernah kita kunjungi. Damir menjelaskan bahwa kita harus merangkul dan berteman (sebanyak mungkin) dengan orang-orang lokal seperti pengemudi, penterjemah,  karena kamu tidak pernah tahu kapan membutuhkan bantuan mereka.

Prioritas

Saat berada di lapangan, Damir mengungkapkan bahwa kamu harus mengetahui apa prioritas yang harus di foto. Mengerti ambisi diri sendiri, mengerti kekuatan kamu ada dimana, diskusi dengan tim, lalu fokuskan cerita apa yang akan kita angkat.

Latihan

Bagi Damir latihan menguasai kamera dan tahu bagaimana cara memaksimalkan kamera yang kamu punya adalah hal paling penting. Daripada menggunakan kamera dengan tekologi terkini namun kurang nyaman menggunakannya.

Bergaul

Damir mengungkapkan bahwa meluangkanlah waktu senggang bercengkrama dengan orang-orang lokal, daripada melihat dan mereview hasil foto di malam hari atau di waktu senggang.

Tak terlihat

Sebisa mungkin Damir menjadi fotografer yang tak terlihat. Damir mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan mulai memotret dahulu saat berada di lokasi.

0 Comments

Skills