real
        time web analytics

Dari Kami

Fotografi yang Butuh Banget Pakai Tripod


TOPCAREER.ID – Dalam fotografi model, kebutuhan akan tripod tidak terlalu urgen selama proses pemotretan. Namun, fotografi dengan setting slow speed bakal sangat membutuhkan tripod yang kokoh demi mendapatkan hasil foto yang sesuai kompisisi. 

Misal fotografi landscape dan long exposure yang sangat membutuhkan tripod selama pengambilan foto. Karena kalau goyang sedikit saja, yah…bisa tak pas deh komposisi fotonya. Menurut fotografer model, Charles Widjaja, foto-foto yang sangat membutuhkan tripod adalah fotografi dengan setting slow speed

Fotografi Landscape

“Kalau orang landscape itu lensa terbaik adalah tripod terbaik. Kalau untuk landscape iya (butuh tripod). Tripod yang kokoh dan bagus malah bisa menciptakan foto yang lebih stabil dan lebih tajam,” kata Charles Widjaja kepada TopCareer.id

Charles yang pernah menjajal fotografi landscape ini menyampaikan, bahkan untuk pemula di bidang fotografi ini saja tripod itu jadi gear yang wajib dibeli, dan enggak murah harganya. Karena membutuhkan setting bukaan yang kecil, makanya speed akan rendah, di situlah peran tripod sangat penting. 

Foto-foto landscape dengan objek air bergerak, seperti air terjun, aliran sungai, dan pantai, akan sangat mudah jika menggunakan tripod. Dengan begitu, komposisi bisa diatur dengan mudah. Tripod merupakan penahan kamera dari goncangan saat memotret landscape dengan kecepatan rana rendah.

“Bukaan kecil, makanya speed bakal rendah, karena speed rendah makanya butuh kaki yang kuat.  Kalau untuk (fotografi) model itu perlu enggak perlu karena kami bisa atur speed-nya,” ujar Charles.

Fotografi Long Exposure

Fotografi long exposure merupakan salah satu teknik dalam dunia fotografi di mana sensor atau film di-setting agar terekspose lebih lama. Misal, ada foto model dengan latar jalan raya dilewati mobil-mobil. Maka gambar mobil di sini bisa hanya berupa bayangan buram tampak seperti berjalan, sementara model tampak stabil.

Charles mencontohkan foto model dengan speed rendah yang membutuhkan tripod, misal ketika memotret gerakan seorang ballerina. Jika menggunakan setting speed yang cepat, maka si ballerina sebagai subjek bergerak akan tertangkap kamera secara freeze, tanpa ada efek gerakan. 

Sementara, untuk mebuat komposisi indah, ballerina yang difoto dengan shutter speed lambat bisa terekam bersama dengan lintasan geraknya. Layaknya bayangan yang membuat lintasan di setiap tangkapan kamera. 

“(Pemakaian tripod) Tergantug mau buat apa. Apalagi kalau foto-foto ballet, itu adalah slow speed. Kalau speed kencang orang itu bakal freeze. Balet butuh tripod biar lebih slow. Karena kalau melihat shutter dan megang sendiri pasti goyang,” pungkas Charles.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru