real
        time web analytics

Dari Kami

Fotorafer Minimal Terima Rp5 Juta dalam Sekali Pemotretan


Ilustrasi.

TOPCAREER.ID – Fotografer pasti punya banderol harga masing-masing untuk setiap pemotretan yang dilakukan. Pada akhirnya memang tergantung pada kebutuhan foto yang seperti apa. Tapi, paling tidak seorang fotografer bisa mengantongi Rp5 juta dalam satu kali pemotretan. 

Hal itu seperti diakui oleh fotografer model, Charles Widjaja kepada TopCareer.id ketika bercerita soal pekerjaan fotografer, beberapa waktu lalu. Menurut Charles, ketika patokan harga melihat pada kebutuhan, maka tidak semua pemotretan berlaku dengan harga yang sama. Apalagi ia tak pernah mengkhususkan diri untuk pemotretan jenis tertentu. 

Ada kalanya dia diminta untuk pemotretan single shoot model cantik. Beberapa kali juga ia sering memotret untuk kepentingan prewedding. Kemudian, ada juga fotografi model untuk kebutuhan komersil, seperti katalog. 

Namun, dari semua pemotretan itu, Charles hanya mematok angka minimal yang bisa ia kantongi untuk satu kali sesi pemotretan, yakni Rp5 juta. Angka itu terlepas dari biaya penyewaan studio atau izin tempat foto. “Intinya minimum yang saya bawa Rp5 juta. Target saya pribadi,” ujar Charles. 

Itu nilai minimum yang ia terima, karena kembali lagi pada kebutuhan foto klien sehingga bisa saja ia terima lebih. Biasanya ia mematok angka Rp5 juta untuk pemotretan single shoot model perempuan, termasuk juga editingnya. 

“Kadang-kadang saya nempelnya (satu paket) sama make up. Studio dan lain-lain enggak tahu, saya (harga itu) termasuk make up dan asisten. Saya pribadi satu sesi pemotretan 3 sampai 4 jam. Saya pernah dipanggil foto untuk ibu-ibu sosialita, DJ, ada juga yang ingin eksis foto pribadi,” Charles menambahkan.

Untuk jasanya itu, klien sudah mendapat 15-20 foto editan dari satu kali pemotretan. Malah kalau memang diminta, ia akan memberikan semua hasil foto mentahnya. Selain pemotretan model single shoot, ia juga kerap menerima jasa foto untuk pre wedding.

Namun, karena tim untuk pemotretan foto prewedding bisa lebih banyak, sehingga biayanya bisa lebih mahal daripada single shoot. Minimal ia membanderol harga Rp7,5 juta sampai Rp15 juta untuk setiap pemotretan prewedding. Setidaknya dalam foto prewedding, ia membawa dua asisten foto. 

“Yang unik-unik beda lagi harganya, kita ngomongin standarnya segitu.”

Patokan Harga

Selain dari kebutuhan klien yang memang berbeda di setiap permintaan pemoretan, ada hal lain yang Charles jadikan patokan dalam menentukan jasa fotonya. Charles mengatakan, sebelum menentukan harga, ia akan membandingkan hasil fotonya terlebih dulu dengan teman-teman sesama fotografer. 

Ada teman-teman fotografer lain yang memang sudah punya nama dan price list untuk setiap jasa pemotretan. Dari situ ia bisa bandingkan hasil fotonya dengan fotografer lain hingga ia dapat tentukan harga yang pantas. 

“Menurut saya dia itu fotonya (kualitas) di bawah saya atau di atas saya. Lebih ke arah personal.”

 

0 Comments

Lowongan Terbaru