real
        time web analytics

Dari Kami

Gaji Bulanan yang Diterima Para Mimin Sosmed


TOPCAREER.ID – Pekerjaan di bidang sosial media atau social media officer yang kerap diminta untuk stand by 24 jam dalam 7 hari, gajinya mungkin tak sebesar yang kamu kira. Besaran pendapatan per bulan yang diterima para mimin (admin) sosmed ini akan kembali pada industri apa yang menaungi.

Range gaji anak sosial media pemula atau social media officer biasanya di kisaran Rp3-4 juta per bulan atau setara UMR (upah minimum regional). Hal itu juga seperti yang diutarakan oleh Mega Agniya, salah seorang Social Media Content Detik.com

Gaji yang diterima para fresh gradute untuk posisi sosial media di Detik.com, yakni di angka Rp3 juta dengan status pendidikan lulusan S1, tanpa pengalaman. Harga yang ditawarkan itu akan berbeda jika sudah memiliki pengalaman setidaknya 6 bulan hingga 1 tahun. 

Mega mengatakan, mereka yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya, maka akan dihargai lebih. Mega pun mengalami hal itu, yakni terima sekitar Rp4 juta lebih dengan status pendidikan D3, tapi dengan berbekal pengalaman. 

“Angkanya di atas 4 (juta) sih. Ketika kamu punya pengalaman di luar, masuk sini (Detik.com) akan tinggi (gajinya). Paling enggak 6 bulan aja di luar, itu sudah punya nilai, dianggap punya pengalaman,” kata Mega kepada TopCareer.id beberapa waktu lalu. 

Ia lantas bercerita soal perbandingan gaji antara dirinya dan teman sesama social media officer di kantornya. Mega yang lulusan D3 dengan pengalaman bekerja sebelumnya dihargai Rp4 juta lebih. Berbeda dengan temannya yang punya pendidikan S1, namun masih fresh graduate ketika masuk, dihargai Rp3 juta. 

Mega menyarankan untuk memiliki pengalaman di luar sebagai social media officer, baru kemudian mencari nama diri dengan memasuki perusahaan media ternama. Angka itu tentu akan berbeda lagi jika sudah di level koordinator atau supervisor. Mega menyebut range gaji sosial media di perusahaan media, yakni mulai dari UMR hingga Rp6 juta, dengan status fresh graduate sampai tingkat kordinator.

Perbandingan gaji dengan sosmed agensi periklanan

Mega pun turut membandingkan gaji yang diterima pada perusahaan media, dengan perusahaan agensi periklanan, meski sama-sama di ranah social media officer. Menurutnya, bayaran yang diterima oleh social media officer di perusahaan agensi atau perusahaan digital marketing akan lebih besar daripada di perusahaan media. 

Lagi-lagi Mega bercerita soal temannya yang bekerja untuk ahensi perikalanan ternama. Saat masuk pertama kali sebagai fresh graduate, bisa dibayar hingga angka Rp6 juta. Angka itu jelas berbeda dengan yang Mega utarakan untuk perusahaan media. 

Sementara, menurut Nabila Fadiyah sebagai Social Media Content di Crimson Agency, social media officer dengan minimal pengalaman 2 tahun, bisa mendapat bayaran di angka Rp5-7 juta per bulan. 

“Kalau untuk freshgraduate mungkin sekarang sekitar Rp3,5-4 juta,” kata Nabila yang juga pernah bekerja di Mirum Agency sebagai social media officer

Nabila memulai kariernya sebagai social media officer dengan status freelancer di Mirum Agency dengan bayaran yang setara UMR sekitar tahun 2014.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills