real
        time web analytics

Dari Kami

Gambar Objek Bergerak Tetap Mirip Aslinya, Kok Bisa?


TOPCAREER.ID – Pasti kesulitan deh ketika harus menggambar di tempat saat itu juga, apalagi dengan objek yang bergerak ke sana kemari. Tapi, setidaknya ada hal-hal yang harus kamu tahu untuk dijadikan patokan biar gambar objek bergerak bisa tetap mirip seperti aslinya.

Mozley Ahmad Kusnandar, seorang seniman gambar sketsa mengatakan bahwa bagian kunci yang harus diperhatikan ketika menggambar objek bergerak, yakni bagian mata, hidung, dan bibir.  Tiga bagian itu dianggap paling penting kalau gambarmu mau dianggap mirip dengan aslinya.

“Kalau saya, paling minta satu menit untuk tidak bergerak, satu menit itu saya mau rekam mata, bibir, itu yang penting. Jadi untuk yang lain mah enggak masalah yang penting mata jangan naik turun, tatapannya jangan kabur, bibir juga jangan bergerak,” kata Mozley kepada TopCareer.id.

Mozley mengatakan bahwa faktor miripnya wajah seseorang itu lantaran tiga bagian tersebut. Jika satu bagian itu saja tidak terlihat mirip, maka akan memengaruhi keseluruhan gambar wajah sebenarnya. Misal, bibirnya tidak mirip, wajah pun akan berbeda dari aslinya.

Menurut Mozley, patokan itu juga merupakan kunci mengapa ia bisa menggambar sketsa wajah dengan cepat. “Jadi saya minta waktunya sebentar 1 menit saja, setelah satu menit jadi, baru boleh bergerak bebas.”

Mozley melanjutkan, untuk menggambar bagian-bagian penting itu ada patokan tersendiri. Kalaupun tidak tahu kuncinya, maka gambar sketsa tidak akan mirip dengan yang asli. Lantas Mozley membeberkan sedikit resep dari patokannya itu.

“Misalnya jarak antar mata itu satu mata, jarak mata ke hidung itu dua mata, jarak hidung ke bibir itu satu mata. Tidak semua pelukis tahu. Supaya tepat seperti itu. Orang ada yang matanya sipit ada yang lebar. Intinya di mata itu," pungkas Mozley.

0 Comments

Lowongan Terbaru