real
        time web analytics

Dari Kami

Guru Lokal, Kompetensi Rasa Internasional


TOPCAREER.ID – Penting bagi semua profesi buat meningkatkan kemampuan dan skill mereka biar lebih profesional, tak terkecuali guru. Demi mewujudkan profesionalitas guru agar memiliki kualitas internasional, Cambridge International memiliki program peningkatan kompetensi bagi guru di Indonesia.

Menurut Senior Country Manager Indonesia Cambridge International, Dianindah Apriyani, bicara soal pendidikan secara internasional tidak melulu bicara orang asing. Sayang rasanya jika guru-guru yang ada di Indonesia tidak diberdayakan sehingga bisa memiliki profesionalitas dengan standar yang luar biasa. 

“Bagaimana kita bisa menggunakan guru-guru kita, meng-upgrade skills mereka supaya mereka bisa menjadi role model,” kata Dian kepada awak media. 

Terjalinlah kerja sama Cambridge International dengan Sampoerna University untuk memberikan pelatihan pengembangan profesional kepada guru di Indonesia. Nantinya guru Indonesia yang sudah di-training, bakal dapat akreditasi atau sertifikasi sebagai pelatih guru Cambridge International.

Nah, kalau sudah terakreditasi, guru ini bisa melatih guru-guru lainnya bagi sekolah-sekolah yang sudah menggunakan kurukulum Cambridge International. 

Dian bertutur, semula memang untuk melatih para guru yang sekolahnya menggunakan kurikulum Cambridge ini, mendatangkan trainer dari Inggris langsung. Namun, hal itu sepertinya bukanlah hal yang bisa berjalan baik ke depan. 

“Tadinya mendatangkan trainer dari Cambridge, tapi kami berpikir its not going to work that way selamanya. Kami berpikir punya kok guru-guru lokal yang kompetensinya kurang lebih sama dengan UK (Inggris).”

Sementara, Ben Schmidt, Regional Director Southeast and Pasific Cambridge International menyatakan bahwa guru lokal yang ada di Indonesia sudah memiliki kualitas yang bagus. Malah di antaranya sangat fasih dalam berbahasa Inggris. 

“Kami seleksi dan training para guru itu agar menjadi lebih profesional sesuai dengan program Cambridge. Kami tahu Indonesia memiliki guru-guru yang berkualitas karena kami lihat itu. Kadang-kadang malah native speaker tidak benar-benar tahu spesifik lokal problem. Jadi kami mix itu,” ujar Ben. 

Program kerja sama pelatihan guru ini sudah ada sejak 2017, dan Cambridge sendiri telah menyelenggarakan 13 kegiatan pelatihan guru berbasis mata pelajaran dalam satu tahun. 

Setiap tahun, Cambridge International mengirim pelatih Cambridge yang sudah tersertifikasi dari Inggris ke Indonesia untuk memimpin lebih dari 30 kegiatan pelatihan guru di Cambridge IGCSE (International General Certificate of Secondary Education) dan A/AS Level.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru