real
        time web analytics

Dari Kami

Hanya Berpikir Soal Kopi Bikin Otak Lebih Waspada


TOPCAREER.ID – Jika kamu merasa agak pusing pagi ini, cobalah memikirkan secangkir kopi yang lezat. Menurut sebuah studi baru dari University of Toronto, hanya dengan memikirkan kopi dapat membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian.

Dr. Sam Maglio, salah satu penulis penelitian ini, mengatakan bahwa orang sering menemukan isyarat terkait kopi, atau berpikir tentang kopi, tanpa benar-benar menelannya.

“Kami ingin melihat apakah ada hubungan antara kopi dan gairah sehingga jika kita hanya memaparkan orang pada isyarat terkait kopi, gairah fisiologis mereka akan meningkat, rasanya seperti jika mereka benar-benar minum kopi,” kata Dr. Sam dalam laman Mirror.

Gairah dalam psikologi mengacu pada bagaimana area-area tertentu dari otak diaktivasi menjadi keadaan waspada, terjaga, dan penuh perhatian. Ini dapat dipicu oleh sejumlah hal, termasuk emosi kita, neurotransmiter di otak, atau minuman berkafein yang kita konsumsi.

Dalam empat studi terpisah, para peneliti menunjukkan kepada partisipan kopi atau isyarat terkait teh. Mereka menemukan bahwa peserta yang ditunjukkan isyarat terkait kopi mempersepsikan waktu lebih pendek dan berpikir secara lebih konkret, lebih tepat daripada mereka yang melihat isyarat terkait teh.

Dr Maglio menjelaskan, orang yang mengalami rangsangan fisiologis - sekali lagi, dalam hal ini sebagai akibat dari priming dan tidak minum kopi itu sendiri, akan melihat dunia dalam istilah yang lebih spesifik dan terperinci.

“Ini memiliki sejumlah implikasi untuk bagaimana orang memproses informasi dan membuat penilaian dan keputusan.”

Para peneliti sekarang berharap untuk melihat asosiasi yang dimiliki orang untuk makanan dan minuman lain. Misalnya, hanya memikirkan minuman berenergi dapat membuatmu merasa lebih terjaga.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills