real
        time web analytics

Dari Kami

Hari yang Tepat Booking Tiket Pesawat Biar Lebih Hemat


TOPCAREER.ID – Biar dapat tiket pesawat yang murah, ada trik-trik yang mungkin bisa kamu lakukan, salah satunya adalah memilih waktu kapan booking dan kapan hari berangkat yang tepat. Pemilihan waktu untuk terbang bisa ngaruh ke dompet kamu. 

Laporan 2018 dari Expedia dan ARC (Airlines Reporting Corporation) menunjukkan bahwa hari Minggu adalah hari termurah untuk memesan tiket ekonomi internasional dan domestik. Dan Sabtu dan Minggu adalah yang termurah untuk penerbangan premium.

Namun, Editor AirFareWatchDog Tracy Stewart mengatakan bahwa hari Selasa kadang-kadang juga berlaku dalam menghemat uang untuk penerbangan. Maskapai penerbangan berbiaya rendah seperti JetBlue dan Southwest memang memiliki sejarah merilis harga jual pada Senin malam dan memiliki tiket murah untuk Selasa. 

Sebuah penelitian oleh FareCompare.com juga mengklaim bahwa Selasa (pukul 3 sore) adalah waktu terbaik untuk membeli tiket. Selalu ada perbedaan antara hari terbaik dalam seminggu, tapi jelas ada alasan Selasa dan Minggu disebutkan beberapa kali, jadi tidak ada salahnya untuk tetap mengawasi hari-hari itu.

Expedia pun memberikan satu saran: ke mana pun Anda pergi, pesan tiket berangkat keberangkatan pesawat yang jatuh pada hari Jumat (departure). 

Menurut temuan mereka dari 2018, hari termurah untuk terbang secara internasional untuk kelas ekonomi adalah Kamis dan Jumat. Penerbangan ekonomi domestik paling murah dimulai pada hari Jumat, dan terbang internasional di kabin premium sebaiknya berangkat pada hari Jumat dan Sabtu.

“Akhir pekan adalah ketika para pelancong membayar ATP (average ticket prices) premium domestik dan internasional terendah, karena ini adalah saat yang paling tidak memungkinkan bagi pelancong  bisnis untuk memesan perjalanan mereka,” sebut laporan itu.

Anda memiliki beberapa waktu luang dalam memilih hari untuk berangkat, dengan hari Rabu, Kamis, dan Jumat menjadi hari termurah untuk penerbangan berangkat.

Penelitian Airfare 2018 dari CheapAir.com menemukan informasi yang sedikit berbeda, mengklaim bahwa hari termurah untuk terbang adalah pada hari Selasa dan Rabu, dan bahwa hari yang paling mahal untuk terbang adalah hari Minggu (yang masuk akal, karena orang yang mengambil liburan atau perjalanan akhir pekan adalah mencoba membuatnya kembali bekerja pada hari Senin). 

Mereka menemukan bahwa terbang pada hari Rabu dan bukannya hari Minggu akan menghemat rata-rata USD76 per tiket.

Jika Anda menggunakan premium, itu cerita yang berbeda: Expedia menemukan bahwa tiket yang dikeluarkan pada hari Sabtu dan Minggu cenderung memiliki ATP terendah. Berangkat pada hari Jumat adalah termurah untuk penerbangan internasional dan domestik premium.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru