real
        time web analytics

Dari Kami

Hati-Hati, Polusi Udara Bisa Kurangi Produktivitas Kerja


TOPCAREER.ID - Selain memengaruhi kesehatan, paparan polusi udara dalam waktu lama juga dapat mengurangi produktivitas karyawan, demikian temuan sebuah penelitian. Studi menunjukkan bahwa fluktuasi polusi harian tidak langsung mempengaruhi produktivitas pekerja.

Namun, kata para peneliti, penurunan yang pasti terjadi ketika diukur untuk eksposur yang lebih lama hingga 30 hari. Selain itu, bekerja di lingkungan yang sangat tercemar untuk jangka waktu yang lama dapat memengaruhi suasana hati atau sifat dalam bekerja.

“Tujuan kami dengan penelitian ini adalah untuk memperluas pemahaman tentang polusi udara dengan cara-cara yang belum dieksplorasi. Kami biasanya berpikir bahwa perusahaan mendapat manfaat dari regulasi polusi yang longgar, dengan menghemat peralatan kontrol emisi dan sejenisnya; di sini kami mendokumentasikan efek buruk pada produktivitas tenaga kerja mereka,” kata Alberto Salvo, Associate Professor dari National University of Singapore (NUS).

Untuk penelitian, yang diterbitkan dalam American Economic Journal: Applied Economics, tim mengumpulkan informasi dari pabrik-pabrik tekstil di China yang melibatkan wawancara dengan manajer sebelum mendapatkan akses ke data.

Mereka membandingkan berapa banyak kain yang diproduksi setiap pekerja setiap hari dengan ukuran konsentrasi partikel yang terpapar oleh pekerja dari waktu ke waktu.

“Kami menemukan bahwa peningkatan PM2.5, sebesar 10 mikrogram per meter kubik yang bertahan lebih dari 25 hari, mengurangi produksi harian sebesar satu persen, merugikan perusahaan dan pekerja. Efeknya halus tetapi sangat signifikan,” kata Haoming Liu, Associate Professor dari NUS.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru