real
        time web analytics

Dari Kami

Industri 4.0 Bakal Ciptakan 17 Juta Lapangan Kerja Baru


TOPCAREER.ID –  Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, menyakini bahwa lewat peta jalan yang disebut Making Indonesia 4.0 diprediksi bisa menciptakan 17 juta lapangan kerja. Sehingga ini menjadi kesempatan emas bagi sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk bekerja diberbagai sektor industri.

"Menghadapi revolusi ini, peluang terciptanya lapangan kerja baru sampai 2030 itu bisa 17 juta. Dari situ, 4,5 juta dari sektor manufaktur, 12 juta service related turunan manufaktur. Jadi otomotif ada perbengkelan. Komputer ada operator," kata Airlangga

Lebih lanjut ia mengatakan, meski telah memasuki babak baru industri 4.0, namun beberapa industri sebelum-sebelumnya tidak juga dilupakan begitu saja.

"Jadi Indonesia mungkin salah satu negara yang bergerak paralel dari revolusi industri 1, 2, 3, 4. Kita pilah industrinya. Misalnya industri kecil menengah seperti kerajinan dan tenun itu bukan pakai mesin. Jadi pemerintah punya keberpihakan di sana," katanya.

Di samping itu, Airlangga juga menekankan agar masyarakat bisa memanfaatkan bonus demografi yang diperkirakan hingga mencapai 2030 mendatang. Sebab, selain industri 4,0, bonus demografi juga akan menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

"Berdasarkan pengalaman negara lain, pada saat mencapai bonus demografi, pertumbuhan ekonomi bisa paling tinggi karena usia produktif lebih banyak dari usia pensiun," ujarnya.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills