real
        time web analytics

Dari Kami

Ingat Nih Aturan Terbangkan Drone


TOPCAREER.ID – Meski kerap asyik dinikmati sebagai hobi, memotret lewat drone jangan sembarangan terbang karena ada aturan-aturan yang harus dipatuhi. Standar larangan itu bahkan dibuat oleh Federal Aviation Administration (FAA). Jadi berlaku untuk seluruh dunia, tak hanya Indonesia.

Tempat-Tempat yang Dilarang

Menurut aerial fotografer, Anton Chandra, ada beberapa tempat yang tidak boleh dilintasi oleh drone. Anton menyebutkan bandara, pangkalan militer, tempat pembangkit listrik, pengelolaan air minum, penjara, juga bandara.

Bahkan peraturan itu sudah masuk dalam Peraturan Menteri Nomor 47 tahun 2016 Tentang Perubahan atas PM 180 tahun 2015 Tentang Pengendalian Pengoperasian Sistem Pesawat Udara Tanpa Awak di Ruang Udara yang Dilayani Indonesia yang mulai berlaku 3 Mei 2016.

Dalam peraturan tersebut, pelaku yang melanggar akan diberikan tindakan tegas oleh pihak yang berwenang berupa pemaksaan untuk keluar dari kawasan atau ruang udara, atau sampai menjatuhkan pesawat udara tanpa awak pada area yang aman. Bahkan sanksi administratif.

Batas Ketinggian Terbang

Menurut peraturan yang dibuat oleh FAA, tidak diperbolehkan untuk mengoperasikan drone lebih dari 400 kaki atau sekitar 130 meter dari permukaan tanah.

Malah tertuang dalam Peraturan Menteri Nomor 47 tahun 2016 tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bisa memberikan sanksi bagi pesawat udara tanpa awak yang dioperasikan pada controlled airspace dan uncontrolled airspace pada ketinggian lebih dari 500 feet (150 m) Above Ground Level (AGL).

Anton menambahkan paling tidak batas aman dan sesuai aturan itu, terbang di bawah ketinggian 150 meter, apalagi kalau di kawasan perkotaan. “Karena 150 meter itu udah tinggi, tapi banyak pilot-pilot drone enggak paham aturan,” ujar Anton kepada TopCareer.id.

Terbang di Atas Kerumunan

Sebagai pilot drone tentu harus bertanggung jawab dengan mengikuti peraturan yang telah ditentukan, Salah satunya untuk tidak terbang di atas kerumunan orang, misal di event-event yang memang ramai, seperti acara konser.

“Sebenarnya udah ada peraturannya ya, di mana pun, di Indonesia atau negara lain. Salah satu itu tidak boleh terbang di kerumunan orang banyak. Acara event enggak boleh sebenarnya, itu aturan dari dunia.”

0 Comments

Lowongan Terbaru