real
        time web analytics

Dari Kami

Ini Pertimbangan Klub dalam Mencari Pemain Bola


TOPCAREER.ID – Ketika pelatih melakukan scouting atau pencarian pemain sepak bola, ada patokan yang dipegang agar tidak asal-asalan. Setidaknya, faktor pertama pemilihan pemain, yakni harus sesuai dengan visi dan kemauan klub. Setelah itu ada faktor apa lagi?

Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri menyampaikan bahwa scouting pemain yang pertama keriterianya itu akan berdasarkan keinginnan atau gaya yang dikembangkan oleh klub. Dan tak jarang di luar negeri, pemain muda sudah dipersiapkan dalam akademi yang kurikulumnya diplot oleh klub secara langsung. 

“Di klub-klub Eropa di klub elite itu ada akademi sendiri. Klub pengin menyiapkan pemain yang bisa seusai dengan apa yang akan dimainkan oleh tim itu,” ujar Indra Sjafri dalam acara Buka Talks Buka Lapak.

Indra mencontohkan, untuk seleksi pemain di Ajax, yang diutamakan adalah teknik dahulu kemudian intelijensi pemain, lalu yang ketiga adalah personality, baru yang terakhir kecepatan. 

Agak berbeda dengan Barcelona. Pertama, sama-sama mengedepankan kemampuan teknik, lalu attitude, yakni pemain-pemain dengan balance yang baik, baru kemudian pertimbangan soal kecepatan pemain. 

Setelah sesuai dengan gaya pengembangan klub beserta program yang jelas, selanjutnya pencarian pemain harus mempertimbangkan karakter fisik. Itu akan bergantung pada posisi pemain berdasarkan indikator fisiknya. Kemudian ada faktor monitoring umur. 

“Karena ada kasus-kasus pemalsuan umur di profesional yang enggak bagus efeknya. Ada umur udah 32, tapi kontraknya pemain 29, kan rugi klub. Indikator fisik juga di Stikes udah ada alat (mengecek kondisi fisik) pemain bola. Jadi semua itu bisa jadi rekomenadasi pelatih,” ujar dia.

Ada pula indikator sosial serta psikologi yang mencakup kesehatan mental, serta memiliki attitude yang baik sehingga tidak menyulitkan tim. 

“Baru nanti paling ujung menemukan pemain yang bagus. Bagus dari kemampuan kecerdasan, bagus kemampuan taktikalnya, bagus juga fisik dan mentalnya.” 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru