real
        time web analytics

Dari Kami

Ini Tren Diet 2019, Mau Pilih yang Mana


TOPCAREER.ID – Jika resolusi tahun baru yang kamu tulis adalah memiliki tubuh proporsional, mungkin kamu akan gencar berolahraga atau diet. Untuk pola diet, ada beberapa tren diet nih yang mungkin bisa kamu pertimbangkan mana yang bisa diikuti dan tidak pada 2019 nanti. 

Diet ketogenik

Diet ketogenik atau keto sangat ngetren di 2018 dan para ahli memperkirakan tren ini akan berlanjut hingga tahun baru. Pola makan ini secara drastis mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan lemak.

Diet yang sangat ketat ini mengharuskan pengikutnya untuk tidak hanya mengurangi asupan karbohidrat tidak sehat seperti gula, tetapi juga mereka yang biasanya dianggap sehat, seperti kebanyakan buah-buahan dan sayuran tertentu.

Sementara penelitian menunjukkan bahwa diet ketogenik dapat membantu mengendalikan kejang pada anak-anak dengan epilepsi dan mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2, ahli gizi umumnya tidak merekomendasikannya untuk menurunkan berat badan.

“Setiap diet yang akan menetapkan aturan dan sangat membatasi asupan makanan akan membuat ketakutan di sekitar makanan tertentu. Dalam hal ini kategori makanan adalah karbohidrat. Setiap jenis diet seperti ini memberi saya jeda karena dapat mempromosikan gangguan makan dan tidak sehat,” kata Kelly Hogan, seorang ahli diet dan nutrisi klinis terdaftar di Mount Sinai Dubin Breast Center, dalam CBS News.

Paleo + vegan = "pegan" diet

Rencana diet ini menggabungkan aspek-aspek dari pola makan vegan, yang menghindari semua produk hewani, dan diet Paleo, yang berfokus pada konsumsi jenis makanan yang menurut dugaan nenek moyang kita makan selama era Paleolitikum.

"Ini sangat sederhana. Makan makanan rendah gula dan pati. Makan banyak makanan nabati. Jika Anda akan makan makanan hewani, makanlah makanan yang tumbuh atau dipanen secara berkelanjutan. Memiliki makanan yang memiliki banyak lemak baik, seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, minyak zaitun, alpukat,” kata Mark Hyman, M.D., direktur Cleveland Clinic Center untuk Pengobatan Fungsional.

Namun, Kelly Hogan mencatat bagi sebagian orang, diet mungkin tidak berkelanjutan dalam jangka panjang. Jika Anda mengikuti diet vegan karena bersemangat tentang hak-hak hewan, itu bagus. 

“Tetapi jika Anda mengikuti diet vegan atau Paleo semata-mata untuk menurunkan berat badan atau untuk mengubah tubuh Anda, maka kita harus berpikir dua kali tentang sesuatu seperti itu karena diet ini sangat ketat.”

Puasa intermiten

Puasa intermiten adalah tren lain yang telah mendapatkan daya tarik lebih dalam beberapa tahun terakhir.

Rencana diet ini tidak terlalu fokus pada apa yang Anda makan tetapi kapan. Selama dua hari "puasa" non-berturut-turut setiap minggu, puasa berselang tidak makan kecuali untuk satu kali makan kecil yang hanya 400 hingga 500 kalori untuk wanita dan 500 hingga 600 kalori untuk pria. Selama lima hari "pakan" yang tersisa, Anda dapat makan apa pun yang diinginkan.

Penelitian menunjukkan puasa intermiten dapat menyebabkan penurunan berat badan, dengan satu studi menunjukkan para pelaku diet alternatif dapat kehilangan rata-rata 10 hingga 30 pound dalam waktu sekitar delapan minggu. Studi lain menemukan jenis diet ini, bersama dengan olahraga teratur, mungkin bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol LDL atau "buruk" dan tekanan darah.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait