real
        time web analytics

Dari Kami

Jack Ma: Pekerjaan Pertamamu yang Terpenting


Pendiri Alibaba Group, Jack Ma.

TOPCAREER.ID – Mungkin kamu anggap pekerjaan pertamamu tak terlalu menginspirasi atau biasa saja karena dinilai sebagai batu loncatan. Namun, menurut seorang miliarder yang juga pendiri Alibaba Group, Jack Ma, pekerjaan pertama akan menjadi yang paling penting bagimu. 

“Pekerjaan pertamamu adalah yang terpenting,” kata Jack Ma dalam pertemuan yang berjudul “Bertemu Pemimpin dengan Ketua Eksekutif Alibaba Jack Ma” di Davos.

Pekerjaan pertamamu, lanjut Jack Ma, bukan berarti harus menjadi "pekerjaan impian" untukmu atau bahkan pekerjaan yang kamu sukai. Tapi, itu harus menjadi tempat di mana dirimu bisa belajar dari orang lain dan meregangkan diri.

Ma menambahkan, belum tentu perusahaan yang memiliki nama besar, (tetapi) kamu harus menemukan bos yang baik yang dapat mengajari dirimu bagaimana menjadi manusia , yakni bagaimana melakukan sesuatu dengan benar, dan kamu harus berada di tempat seperti itu. 

“Beri dirimu janji: 'Aku akan tinggal di sana selama tiga tahun. Lalu Anda mulai bergerak,” ucap Jack Ma dalam laman CNBC Make It.

Hal itu yang mengharuskanmu tetap bertahan, memberikan waktu bagi diri sendiri untuk mengetahui kekuatanmu dan di mana kamu ingin berakhir - dan semua itu membutuhkan waktu.

Ma mengatakan bahwa dia melihat pekerja muda sering berhenti dari pekerjaan mereka sebelum waktunya tanpa memberikan waktu bagi mereka untuk tidur. Menurutnya, hal itu tidak baik. “Meniru orang-orang yang berebut. Aku sudah melihat banyak bencana.”

Komentar Ma mencerminkan kecaman umum terhadap angkatan kerja milenial, yang dituduh melakukan pelepasan pekerjaan dan menilai tunjangan tempat kerja atas kemajuan karier jangka panjang.

Ma terkenal memulai kariernya sebagai guru bahasa Inggris di Hangzhou, Cina sebelum bergabung bersama dengan sekelompok pendiri di akhir tahun 90-an untuk menciptakan apa yang akan menjadi salah satu perusahaan paling bernilai di dunia.

“Salah satu alasan saya bertahan selama 20 tahun adalah karena saya seorang guru," kata Ma, merujuk karirnya di Alibaba.

Pekerjaan mengajar formatif itu, katanya, membantunya belajar mengidentifikasi orang-orang berbakat dan mengilhami mereka untuk unggul. Memiliki keterampilan itu memungkinkannya untuk membangun dan mengelola tim yang kuat di Alibaba.

“Kamu selalu ingin murid-muridmu lebih baik darimu, menjadi walikota, bukan di penjara,” kata Ma.

“Ketika saya merekrut orang, saya merekrut orang yang lebih pintar dari saya. Orang yang empat, lima tahun kemudian bisa menjadi bos saya. Saya suka orang yang positif dan yang tidak pernah menyerah," tambahnya.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills