real
        time web analytics

Dari Kami

Jadi Fotografer Model Lebih Gampang Dapat Job


TOPCAREER.ID – Bagi yang mau jajal dunia fotografi sambil dapat duit, cobain fotografi model. Fotografi ini dinilai lebih mudah untuk dapat klien, yang artinya cepet dapet uang. Belajar lewat komunitas bisa nambah banyak ilmu sekaligus channel kerjaan. 

Charles Widjaja semula tertarik dengan fotografi landscape karena memang punya kekaguman yang luar biasa dengan hasil jepretannya. Namun, lama kelamaan ia berpikir bahwa foto model punya akses yang lebih mudah, baik dalam belajar, modal, juga dalam mendapatkan klien foto. 

“Tingkat kerumitannya lebih sulit landscape. Kalau waktu saya kerja, saya butuh effort waktu lebih, dan saya butuh alat-alat yang lebih. Foto landscape itu tidak semudah foto model yang hari ini janjian di mana, lalu foto. Foto model paling murah, paling mudah diakses,” kata Charles kepada TopCareer.id. 

Akan semakin mudah kalau sudah masuk komunitas, bakal banyak kegiatan belajar foto modeling yang bisa digelar hampir tiap hari. Charles mengaku dari situ banyak mendapat ilmu sambil membangun portofolio. 

Kalau fotografi model, bisa menjaring banyak pekerjaan, seperti fotografer model untuk iklan, foto model produk, foto untuk kebutuhan wedding dan prewedding, foto pribadi, dan sebagainya. 

“Dari situ sebenarnya lumayan banyak yang manggil untuk foto pribadi. Ketika saya foto orang, sudah banyak panggilan teman, dari awal juga sering foto model, sampai akhirnya banyak minta fotoin dari saudara, dari teman, lama kelamaan muai terbentuk portofolionya,” papar Charles.

Memang pendapatan untuk satu kali foto mungkin tidak sebesar foto lainnya, minimal yang ia kantongi untuk single shoot, yakni Rp5 juta. Lagipula, objekan dar foto model ini terus mengalir meski satu kali sesi tidak wah jumlahnya.  “Foto model itu bisa lari ke banyak hal.”

Bayar Model

Ada kalanya fotografi model single shoot, bingung dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar modelnya. Charles menjelaskan, ada model yang belum punya nama kemudian bertukar jasa dengan fotografer sehingga sama-sama menguntungkan, tanpa perlu ada bayar dan dibayar. 

“Ketika tahapnya barengan, saya belajar jadi fotografer, dia belajar jadi model, ‘Kita tukeran yuk, tukeran portofolio aja. Dia dapat fotonya, saya juga dapat objek foto,” jelas dia. 

Kalau ada kebutuhan komersil, fotografer akan memanggil model yang tentu punya patokan bayaran. Jadi, untuk batasan harga siapa yang bayar siapa, itu kembali pada “lebih berpengalaman yang mana”, ataukah fotografer atau model itu sendiri. 

“Kalau harga per sesi pemotretan akan beda-beda, yang free ada. Ada yang cuma kasih ongkos transport dan makan. Kemudian yang dikasih Rp300-500 ribu juga masih ada, atau tarif sejuta dua juta ada.” 

Biasanya bayaran yang sudah disepakati itu berdasarkan satu sesi pemotretan. Dan satu sesi pemotretan bisa berlangsung dalam 3 hingga 4 jam. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru