real
        time web analytics

Dari Kami

Jadi Pramugari Enggak Cuma Modal Cantik


Ilustrasi.

TOPCAREER.ID – Mau jadi pramugari itu enggak cuma modal penampilan menarik dan tinggi saja, pramugari musti pintar memahami berbagai situasi dan bagaimana menanganinya. Pada akhirnya pramugari dituntut untuk melakukan passanger handling sepanjang penerbangan. 

Tugas pramugari itu menyangkut pelayanan serta keselamatan penumpang. Mereka harus mampu menciptakan kenyamanan, keamanan terhadap seluruh penumpang. Ada kalanya pramugari dituntut untuk paham soal penanganan medis terhadap penumpang yang mengalami kondisi darurat.

Hal itu seperti diutarakan oleh Founder sekolah pramugari Metro Airline School (Metschool), Yosh R. Lukman bahwa seorang pramugari harus paham bagaimana menangani kondisi-kondisi darurat terkait keselamatan penumpang. 

“Kenapa pramugari itu dibekali survival, medical knowledge juga hal-hal yang sifatnya darurat sepeti itu, memang mereka dibekali. (Penumpang) yang mau melahirkan, yang pingsan, (belajar) di medical knowledge, bagaimana handling penumpang yang collapse, black out, itu diajarin seperti itu,” kata Yosh kepada TopCareer.id beberapa waktu lalu. 

Menurut Yosh, seorang pramugari harus memiliki kemampuan melakukan pertolongan pertama. Di sekolah pramugari sendiri, pertolongan pertama itu termasuk materi cardiopulmonary resuscitation (CPR), yakni tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu. Dan tindakan itu harus dilakukan secara benar sesuai standar internasional.

Memang, Yosh pun mengakui bahwa penampilan menarik jadi salah satu persayaratan menjadi pramugari, karena berkaitan dengan aspek pelayanan kepada publik. Namun, ada aspek lain dalam tugas pramugari, yakni membuat penumpang tetap merasa nyaman dan aman selama penerbangan. 

“Kembali lagi di services industry tetap (penampilan) menjadi hal yang penting. Tapi tidak hanya cantik, tinggi, proporsional. Code and code tidak hanya itu yang menjadi mandatory requirment buat airlines,” ujar Yosh. 

Yosh menambahkan, setidaknya menjadi seorang pramugari harus memenuhi 4 kriteria, yakni terkait performance, seperti tinggi badan dan penampilan menarik. Kemudian punya kemampuan komunikasi yang baik, serta menguasai bahasa Inggris, terakhir attitude

“Empat ini harus ada di sosok profiling pramugari. Knowledge-nya baik, satu paket semua. Kenapa knowledge tidak masuk karena itu tugas kami melakukan improve di sini.” 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru