real
        time web analytics

Dari Kami

Jadi Reporter TV Enggak Harus Lulusan Jurnalistik


TOPCAREER.ID – Ilmu jurnalistik memang diperlukan jika seseorang ingin terjun menjadi reporter atau wartawan. Namun, tak melulu diambil melalui jalur pendidikan yang sejalan. Misal, kualifikasi reporter yang ditulis perusahaan stasiun televisi tak mesti berpendidikan dari  bidang jurnalistik.

Reporter Metro TV, Samirah Begum mengatakan bahwa menjadi reporter TV tidak harus berpendidikan dari ilmu jurnalistik. Ia yang lulusan Hubungan Internasional Universitas Paramadina itu mengaku bahwa passion-nya dalam bidang broadcasting membawanya lolos dalam seleksi reporter.

“Saya jurusan hubungan internasional dan memang terbiasa membaca berita-berita nasional, luar negeri. Lolos CV kemudian dipanggil langsung ketemu HR-nya ditanya apa passion-nya, kenapa kerja di TV. Mereka butuh banget tahu itu. Mereka make sure enggak nge-hire orang yang salah,” kata Samirah kepada TopCareer.id beberapa waktu lalu.

Perempuan yang ingin menjadi anchor ini bertutur, meski tak memiliki kemampuan dasar dalam jurnalistik, namun melalui program pengembangan maka akan diajarkan banyak hal. Nah, modal dalam mempermudah proses belajar itulah mesti memiliki passion yang kuat.

Samirah yang masuk Metro TV melalui jalur development program itu mengaku bahwa awal mula ia terjun ke dunia reporter pun sama sekali tak mengerti soal menulis naskah. Atau bahkan bagaimana bersikap saat di depan kamera.

“Pas training yang di-highlight banget adalah belajar dubbing. Itu sulit buat aku karena awal banget suara aku cempreng. Terus nulis naskahnya juga harus bagus, kayak kuliah aja,” ujar dia.

“Terus ada class on cam. Jadi, tiap hari kami disiapin script terus harus memorize lalu on cam gimana nyampein berita di depan kamera. Banyak kelas lainnya, kami juga turun lapangan, bikin liputan-liputan kecil. Dan kemudian di-preview lagi sama bos-bosnya,” lanjut Samirah.

Ia menambahkan, kala itu ia melakukan training selama dua bulan. Namun, tidak setiap angkatan development program itu menjalani masa training yang sama, ada juga yang lebih dari dua bulan. Saat ini Samirah menjadi feature reporter di dua program Metro TV.

“Untuk teman-teman yang tertarik kerja di TV, pertama enggak harus dari jurusan broadcast atau jurnalis, itu pemikiran lama banget. Misalnya kayak Mbak Najwa Shihab dari jurusan hukum. Dia bisa jadi anchor yang sangat fenomenal, keren banget.”

0 Comments

Lowongan Terbaru