real
        time web analytics

Dari Kami

Jadi Volunteer Piala Dunia, Ketahui Nih Fakta-Faktanya


Volunteer untuk FIFA World Cup 2018. (Sumber: FIFA)

TOPCAREER.ID – Sebanyak 15.000 volunteer bakal terlibat dalam ajang turnamen sepak bola terbesar, Piala Dunia 2018. Itu baru salah satu fakta terkait volunteer yang ikut membantu kelancaran Piala Dunia tahun ini. Berikut fakta-fakta lain yang perlu diketahui tentang volunteer dalam Piala Dunia 2018.

Lalui Proses Seleksi

Tahap pertama, yakni proses pendaftaran terlebih dahulu yang dibuka pada 1 Juni hingga 30 Desember 2016. Siapapun berhak ikut dalam seleksi ini, namun dengan syarat utama berusia minimal 18 tahun pada 10 Mei 2018.

Seperti dilansir dalam laman FIFA, tahap kedua, yakni proses seleksi berupa penilaian terhadap keterampilan analitis, tes kualitas pribadi, tes bahasa Inggris, dan tahap wawancara.

Tahap ketiga, volunteer yang lolos seleksi bisa melanjutkan ke tahap pelatihan yang diselenggarakan di masing-masing dari 15 pusat volunteer. Di sini, para volunteer bakal belajar banyak soal Piala Dunia 2018 secara umum dan spesifik area fungsional yang dipilih. Hingga mereka akan berkegiatan mulai 10 Mei 2018.

Ada 19 Departemen

Terdapat 19 departemen fungsional yang berbeda yang bakal diiisi oleh para volunteer ini. Para relawan akan memberikan dukungan di berbagai bidang, meliputi ticketing, media operation, bagian IT, hospitality, catering, pelayanan bahasa, marketing operation, pelayanan medis dan pengawasan doping, kedatangan/keberangkatan, protokol, tim pelayanan, akomodasi, pelayanan penonton, broadcasting service, transportasi, manajemen volunteer, venue management, sustainability, ceremonies.

Volunteer Digaji?

Judulnya saja volunteer atau relawan, pekerjaan sukarela ini tidak mendapatkan keuntungan materi apa-apa, sepenunya kerja sukarela. Jadi para volunteer tidak akan mendapat gaji atau tiket gratis ke Rusia.

Para volunteer hanya akan mendapat seragam relawan yang unik, transportasi umum gratis, makanan selama shift, dan yang penting sertifikasi partisipasi. Namun, jika volunteer tidak berasal dari turnamen Host City, harus tetap membayar transfer ke kota dan akomodasi.

Presentase Keikutsertaan Volunteer

Setidaknya hingga pendaftaran ditutup pada Desember 2016 lalu, ada 150.672 lamaran yang masuk dari berbagai negara untuk menjadi volunteer pada Piala Dunia 2018. Pertengahan tahun 2016, FIFA merilis data bahwa dari 62.500 aplikasi yang masuk, sebanyak 16 persen berasal dari luar Rusia.

Kemudian dari 62.500 itu, 59 persen merupakan pelamar perempuan, 79 persen pelamar berusia 16 hingga 25 tahun. Departemen yang paling populer, yakni tim pelayanan, kemudian bagian protokol, dan layanan bahasa.

Ada Voulunteer dari Indonesia

Mahasiswi Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) Yapari ABA Bandung, Jessica berhasil lolos seleksi dan mendapat kesempatan menjadi volunteer di Piala Dunia 2018. Kala itu ia mendaftar di dua event sekaligus, yakni Piala Dunia 2018 dan Piala Konfederasi 2017, untuk departemen catering, hospitality, dan ticketing.

Jessica lantas mengikuti seleksi wawancara online pada 22 November 2016 melalui Skype, tapi gagal menjadi relawan Piala Konfederasi 2017. Hingga pada 21 Februari 2018, Jessica menerima email yang menyatakan bahwa dirinya lolos seleksi dan ikut menjadi relawan dalam Piala Dunia 2018.

Jessica pun mengikuti pelatihan online yang diwajibkan bagi volunteer di luar Rusia. Dalam surat yang dikirimkan oleh FIFA, Jessica akan ditempatkan untuk mengurus akreditasi di Kota Nizhny Novgorod.

“Saya merasa sangat beruntung. Ada rasa senang karena bermodalkan apa yang saya sukai, yaitu bahasa Inggris, saya bisa mendapatkan kesempatan yang sangat langka," seperti dilansir Bola.com.

0 Comments

Lowongan Terbaru