real
        time web analytics

Dari Kami

Jago Matematika, Peluang Aktuaris Terbuka (Part 1)


TOPCAREER.ID – Jika kamu menyukai segala sesuatu soal matematika, mungkin profesi aktuaris bisa kamu jalani. Di Indonesia, aktuaris menjadi salah satu yang banyak diburu oleh perusahaan. Penasaran seperti apa profesi tersebut, yuk mari coba pelan-pelan kita bahas.

Sebenarnya, apa itu profesi Aktuaris? Menurut laman Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), aktuaris adalah seorang ahli yang dapat mengaplikasikan teori matematika, probabilita, statistika, serta ilmu ekonomi dan keuangan.

Ilmu-ilmu ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai persoalan aktual pada sebuah bisnis, khususnya yang berhubungan dengan risiko.

"Masalah bisnis tersebut dihubungkan dengan peristiwa yang terjadi di masa depan, kemungkinan peristiwa tersebut terjadi, kapan peristiwa tersebut akan terjadi dan berapa jumlah dana yang perlu disisihkan untuk mengatasi biaya yang muncul jika peristiwa tersebut terjadi," menurut keterangan di laman PAI.

“Prodi aktuaria belum banyak di Indonesia, namun industri keuangan dan asuransi terus berkembang, oleh karena itu kita perlu menambah prodi dan pendidikan di bidang aktuaria, untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang kompeten pada bidang aktuaria. Kemenristekdikti berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa bidang aktuaria penting untuk mendukung industri finansial,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im beberapa waktu lalu.

Ainun menambahkan saat ini Kemenristekdikti terus melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif kepada masyarakat dan calon mahasiswa bahwa bidang aktuaria penting untuk dikembangkan. Pendidikan aktuaria juga sangat relevan dengan perkembangan revolusi industri 4.0. Saat ini ekonomi digital semakin berkembang, sehingga pengelolaan risiko keuangan di era digital juga mengalami transformasi.

 

0 Comments

Skills