real
        time web analytics

Dari Kami

Jangan Lakukan Ini di Sosmed Kalau Enggak Mau Kariermu Tamat


TOPCAREER.ID – Hayo, selalu berhati-hati dalam bersosial media ya. Saat ini siapa saja bisa dinilai lewat sosial medianya, tak terkecuali bagi HRD. Jika tak pandai mengelolanya, sosial media bisa berikan efek negatif untuk karier Anda ke depan. 

Untuk itu, akan lebih baik jika Anda berhenti mem-posting hal-hal ini ke media sosial yang dimiliki jika tidak ingin karier hancur.  

1. Suka komentar frontal 

Jarimu harimaumu, istilah itu sering digunakan ketika komentar-komentar sosial media saat ini perlu dijaga layaknya kata-kata lisan. Akan lebih baik jika Anda tidak terlalu frontal di media sosial Anda. 

Dilansir dari CNN, mantan produser yang berada di Wanshington National Radio telah melontarkan komentar-komentar pedas di sosial media yang cukup rasis karena kekalahan dari tim kesayangannya. Akibat hal ini, ia mengalami masalah di dalam kehidupan kariernya. Bahkan, beberapa saat setelah kejadian tersebut, perusahaan tempatnya bekerja langsung memecatnya. 

2. Tata bahasa tidak baik 

Berdasarkan survei Jobvite¸ setidaknya sekitar 66 persen perusahaan menggunakan penilaian soal bahasa kepada karyawan. Mulai dari ejaan yang tidak seharusnya, kata-kata yang kurang baik, dan lainnya bisa menurunkan penilaian kepada karyawan di perusahaannya. 

3. Pamer tawaran kerja baru 

Jangan sampai kesenangan akan tawaran pekerjaan baru dilontarkan dalam media sosial. Jadilah pribadi yang lebih dewasa. Jika Anda mengunggah postingan-postingan mengenai tawaran pekerjaan baru di sosial media, bisa saja membuat Anda kehilangan tawaran pekerjaan tersebut karena perusahaan menganggap Anda kurang pantas mendapatkan pekerjaan tersebut. 

4. Keluh kesah soal kebijakan perusahaan 

Jangan sekalipun mengeluhkan mengenai kebijakan perusahaan tempat Anda bekerja di media sosial, apalagi jika Anda sampai menggunakan bahasa yang kasar. Jika itu dilakukan, siap-siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada pekerjaan. 

Hal ini pernah dialami oleh pegawai California Pizza Kicthen, yaitu Timothy DeLaGhetto yang diberhentikan dari pekerjaannya karena tweet-nya mengenai kebijakan perusahaan yang mengatur seragam baru yang tidak disukainya. Setelah posting-an ini, perusahaannya kemudian memutuskan untuk memberhentikan dari pekerjaannya. 

5. Memberitahu rahasia perusahaan 

Tak perlu menunggu terlalu lama, pihak perusahaan akan segera memecat karyawannya yang menyebarkan mengenai rahasia yang ada di dalam perusahaannya. Hal ini terjadi pada Nicole Crowther, ia dipecat dengan tidak hormat oleh perusahaannya karena membocorkan mengenai acara TV yang dibawakannya. Bahkan, pemecatannya tersebut dilakukan via Twitter oleh pihak produser yang langsung membalas cuitan Nicole tersebut.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills