real
        time web analytics

Dari Kami

Jenis Musisi Seperti Ini yang dicari Brand Alat Musik


A. Anggraini WM, Sekretaris Promosi PT Citra Intirama bersama Yoga Tri Herlambang, Drummer Internasional Pearl Drums dan Zildjian Cymbals

TOPCAREER.ID – Tak sembarang musisi bisa di endorse brand alat musik ternama. Ketenaran musisi nyatanya bukan menjadi faktor utama dalam urusan endorse tersebut. Dalam praktiknya proses seleksi endorse-nya melibatkan banyak pihak dan banyak faktor.

Sebagai contoh, proses endorse yang dilakukan oleh PT Citra Intirama, salah satu distributor alat musik terbesar di Tanah Air ini melalui tahapan yang sangat selektif.

Seperti diketahui, Citra Intirama saat ini mendistribusikan banyak brand terkenal dunia. Sebut saja merek DW Drums, Pearl Drums, Zildjian, Boss, Marshall, Ludwig, Tanglewood, Hartke, Roland, Ampeg, Zoom, Washburn, dan masih banyak lainnya.  

A. Anggraini WM, Sekretaris Promosi PT Citra Intirama, mengungkapkan kepada TopCareer.id, bahwa terkait proses seleksi endorse tersebut sangat selektif dan melibatkan banyak pihak dalam penentuan keputusannya.

Endorse kami sangat selektif. Kami lebih melihat bagaimana mereka [musisi yang akan di endorse] bisa support kami juga. Mungkin bukan menjual tapi lebih ke branding awareness yang utama. Karena kami harapkan melalui kemampuan mereka yang mumpuni itu, brand ini dikenal dan dilihat,” ujar perempuan yang akrab disapa Griny.

Lebih lanjut Griny menjelaskan proses endorse saat ini selain diperoleh dari referensi pihak luar seperti dari musisi-musisi senior, faktor lain seperti keaktifan di media sosial juga menjadi pertimbangannya. “Cukup aktifkah bagaimana dengan followers atau viewers-nya juga menjadi faktor penilaian.”

Karena mewakili brand, keterlibatan pengambilan keputusan dari pihak principal brand yang bersangkutan juga menjadi faktor yang diperhatikan dalam pemilihan artist endorse. “Setiap tahun kami harus meng-update data musisi endorse ini kepada principal brand.”

Selain itu, kemampuan musikalitas si calon artist endorse tentu menjadi hal yang wajib dipunya. Griny mengungkapkan musisi yang dinominasikan sebagai endorse tentunya pemain musik, namun bisa juga berasal dari pengajar musik.

Attitude para musisi sendiri jadi pertimbangan utama. Kemudian keahliannya dia. Dan bagaimana dia membangun link serta menjalin kerjasama dengan sesama  musisi atau artis dan juga dengan kami tentunya menjadi salah satu pertimbangan lainnya.”  

Terkait jumlah musisi yang saat ini di endorse Citra Intirama, Griny mencontohkan untuk drummer endorse akustik ada sekitar 6 sampai 8 orang. Sementara untuk drum elektrik jumlahnya kurang lebih 6 orang pada saat ini dan masih akan bertambah karena Electric Drum Roland  kami mulai banyak diminati masyarakat pencinta musik.

“Kedepan kami akan jaring musisi yang muda-muda. Sekarang ini tidak menutup kemungkinan kalau sudah di endorse akustik kami juga akan prefer ke elektrik juga,” ujar Griny.  

Jadi apakah kamu sangat berkeinginan untuk di endorse oleh brand favoritmu? Persiapkan hal-hal di atas ya. Karena jika kamu menjadi musisi endorse akan banyak keuntungan yang bisa kamu dapat, selain tanggung jawab yang besar pula terkait hal tersebut.

Penasaran ingin tau seperti apa rasanya jadi musisi endorse? Simak cerita ini, Drummer Internasional Pearl Drums dan Zildjian Cymbals Buka Suara.

0 Comments

Skills