real
        time web analytics

Dari Kami

Jenis Pekerjaan yang Tak Butuh Sarjana untuk Perusahaan Top Amerika


TOPCAREER.ID – Bagi yang lulusan SMA (sekolah menengah atas) mungkin resah ketika harus mencari pekerjaan. Namun, kalau memang pintar dan memiliki bakat, tanpa gelar sarjanapun Anda bisa mendapatkan pekerjaan-pekerjaan di perusahaan teknologi top seperti Google dan Apple.

Tim Cook, CEO Apple bahkan menyebut hampir setengah pegawainya tidak memiliki gelar sarjana. Untuk semakin membuatmu termotivasi, berikut beberapa pekerjaan di Amerika Serikat yang tak memerlukan gelar sarjana seperti dikutip dari Businessinsider:

1. Konsultan ritel

Berdasarkan data LinkedIn yang dikutip oleh Businessinsider, sebanyak 7,8 persen konsultan ritel di perusahaan top di Amerika Serikat tidak memiliki gelar sarjana. Sebagian perusahaan konsultan ritel membuka lowongan kerja lulusan SMA untuk posisi ini.  

Konsultan ritel bertugas untuk merekomendasikan informasi lokasi yang strategis, kebijakan toko, kebutuhan, hingga pelatihan bagi mereka-mereka yang berencana untuk membuka ritelnya sendiri. Dalam menjalankan tugasnya, konsultan ritel hanya mengandalkan wawasan yang mereka punya.

2. Chef

Chef atau juru masak merupakan salah satu profesi bergengsi. Ternyata banyak lowongan kerja lulusan SMA untuk posisi ini. Di Amerika Serikat, 24,9 persen chef tidak memiliki gelar sarjana sama sekali. Meski kini sudah banyak kampus-kampus yang menawarkan jalan pintas menjadi koki andal.

Banyak juga chef di Indonesia yang tak memegang gelar sarjana. Sebut saja Chef Juna dia menjadi ahli memasak hingga kini tanpa gelar sarjana koki. Awalnya, dia hanya menjadi seorang pelayan di restoran hingga menjadi pembantu koki di Amerika Serikat.

3. Technical support specialist

Salah satu lowongan kerja lulusan SMA di perusahaan top seperti Apple, Samsung, dan lain-lainnya adalah posisi technical support specialist. Mungkin posisi tersebut sedikit rumit untuk dimengerti, kalau Anda pernah melihat, pekerja yang berdiri di gerai resmi Apple atau merek lainnya, itulah mereka.

Biasanya, sebelum masuk bekerja, mereka akan diberikan pelatihan terkait dengan pengenalan produk yang dijual. Jadi pada saat terjun ke pelanggan, mereka sudah paham dan mampu menjelaskan dengan rinci sesuai SOP yang ditentukan perusahaan.

4. Kasir

Selain technical support specialist, lowongan kerja lulusan SMA yang mungkin ada di perusahaan-perusahaan top seperti Apple dan lainnya adalah petugas kasir. Anda tak perlu pendidikan tinggi untuk bisa mengisi posisi satu ini. Yang dibutuhkan paling utama adalah kejujuran, dan ketelitian. Di Amerika Serikat, sebanyak 11,7 persen petugas kasir di perusahaan top tidak memiliki gelar sarjana.

5. Customer service

Siapa sangka, posisi customer service di Amerika Serikat tak membutuhkan gelar sarjana. Keahlian yang harus dimiliki hanya keahlian berkomunikasi dengan baik terhadap para pelanggan.

Sekadar diketahui, kuliah empat tahun belum tentu menjamin kamu pandai berkomunikasi, sekalipun kamu kuliah di jurusan komunikasi lho! Karena itu, sebanyak 10,8 persen customer service di perusahaan teknologi top tidak memiliki.

 

0 Comments

Skills