real
        time web analytics

Dari Kami

Kebosanan Bisa Picu Ide-Ide Cemerlang


TOPCAREER.ID – Kalau kamu ingin ide cemerlang datang, mungkin kamu perlu mencoba untuk bosan terlebih dulu. Karena berdasarkan studi yang diterbitkan di jurnal Academy of Management Discoveries, kebosanan bisa memicu produktivitas dan kreativitas. 

Dalam studi tersebut, orang-orang yang telah melalui tugas yang memicu kebosanan - secara sistematis menyortir semangkuk kacang berdasarkan warna, satu per satu - kemudian berkinerja lebih baik pada tugas menghasilkan gagasan daripada rekan-rekan yang pertama kali menyelesaikan kegiatan kreativitas (seperti kegiatan kerajinan tangan). 

Orang-orang yang bosan mengungguli para seniman baik dalam hal kuantitas maupun kualitas ide, seperti yang diperingkat oleh orang luar yang objektif yang memberikan skor keunikan pada masing-masing.

Temuan-temuan itu mungkin tidak mengejutkan bagi Sandi Mann, seorang dosen psikologi senior di University of Central Lancashire di Inggris. Mann adalah penulis The Upside of Downtime: Why Boredom Is Good.

“Kebosanan adalah pencarian stimulasi saraf yang tidak puas. Jika kita tidak dapat menemukan itu, pikiran kita akan menciptakannya,” kata Mann dalam Time.

Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian baru dan banyak lainnya sebelumnya, kebosanan dapat memungkinkan kreativitas dan penyelesaian masalah dengan membiarkan pikiran berkelana dan melamun. 

“Tidak ada cara lain untuk mendapatkan rangsangan itu, jadi kamu harus lebih dalam masuk ke dalam pikiranmu. Kamu mungkin terkejut dengan apa yang kamu pikirkan ketika melakukannya.”

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait