real
        time web analytics

Dari Kami

Kenalan Sama Jenis-Jenis TOEFL yang Digunakan untuk CPNS


TOPCAREER.ID – Ada beberapa instansi pemerintah yang meminta melampirkan dokumen nilai Test of English as a Foreign Language atau TOEFL sebagai salah satu persyaratan seleksi Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS). Nah, jenis sertifikat TOEFL yang disarankan di tiap instansi ini berbeda-beda.

Misal, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam Pengumuman Nomor 0034 Pm/72/SJN.P/2018 pada poin keempat nomor 15 menjabarkan persyaratan soal nilai sertifikat TOEFL yang dapat diterima. 

“Untuk semua jabatan dipersyaratkan melampirkan TOEFL ITP/Paper Based TOEFL/TOEFL Prediction yang masih berlaku (Periode penerbitan TOEFL dikeluarkan pada tanggal 19 September 2016 s.d. 10 Oktober 2018), dengan skor TOEFL minimal 450 (Setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/ Internet Based TOEFL minimal 45 / TOEIC 405 / IELTS 5.5).”

Dari syarat itu bisa dilihat sebenarnya ada berbagai macam jenis sertifikat TOEFL. Ada TOEFL ITP (institutional testing program) dan juga TOEFL Prediction yang masuk dalam kategori paper based TOEFL. Kemudian ada juga TOEFL Computer Based Test serta TOEFL Internet Based Test. 

TOEFL Paper Based Test (PBT)

Dari namanya saja pasti sudah bisa diterka bahwa TOEFL ini seperti test biasa dengan mengerjakan soal yang sudah dicetak. TOEFL PBT terbilang masih sangat populer di Indonesia, apalagi didukung oleh banyak tempat penyelenggara, seperti institusi pendidikan, tempat les, juga lembaga bahasa. 

Biasanya TOEFL PBT dikerjakan selama kurang lebih 2-3 jam yang terdiri dari test reading, listening, speaking, writing, dan juga structure & written expression. Skor TOEFL PBT, yakni berkisar dari 310 sampai 677 untuk nilai maksimum. TOEFL PBT ini masih dibagi lagi menjadi dua, yakni TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL Prediction Test. 

1. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL

Format TOEFL satu ini kerap diajukan untuk permohonan studi lanjut perguruan tinggi atau mengajukan beasiswa. ITP TOEFL biasanya berlaku untuk beberapa negara saja, sehingga tidak semua lembaga pendidikan internasional di luar negeri bisa menerima TOEFL satu ini. 

Tapi, jika untuk kebutuhan lanjut S2 atau S3 di lingkup nasional bisa pakai ITP TOEFL. ITP dikeluarkan oleh ETS (English Testing System) dan merupakan TOEFL khusus di wilayah Asia.

2. TOEFL Prediction Test

TOEFL Prediction Test ya tentu memiliki tujuan untuk memperkirakan skor tes TOEFL kamu sehingga selanjutnya bisa dievaluasi. Soal-soal yang ditest juga lebih mudah daripada ITP TOEFL karena penerbitan sertifikat TOEFL ini dikeluarkan oleh lembaga penyelenggara prediction test tersebut. 

Bisa dibilang TOEFL prediction hanya untuk bahan evaluasi atau prediksi kemampuan. Soal-soal tes ini biasanya diambil dari buku-buku TOEFL seperti Longman, Barron, ETS, dan sebagainya. Namun, untuk kebutuhan tes CPNS, banyak di antara institusi yang membolehkan sertifikat TOEFL Prediction Test untuk memenuhi persyaratan.

TOEFL Computer Based Test (CBT)

TOEFL ini agak lebih baru daripada PBT karena proses pengerjaannya menggunakan komputer lewat software interaktif yang sudah terinstal. Peserta akan mengerjakan soal-soal seperti reading, structure, listening, juga writing

Computer Based Test awalnya muncul pada tahun 1998, dan kini mulai redup perlahan tergantikan TOEFL IBT. Total waktu pengerjaan soal dalam test ini sekitar 4 jam dengan skala penilaian mulai dari 0-300 poin. Saat mengikuti TOEFL CBT, peserta tidak bisa mengulang pertanyaan sebelumnya kalau sudah tertinggal.

TOEFL Internet Based Test (IBT)

Bisa dikatakan, TOEFL IBT jadi format test yang paling mutakhir saat ini, jika dibandingkan dengan computer based dan paper based test. Soal-soal yang diujikan pun hampir sama, yakni terkait reading, listening, writing. Namun, ada tambahan speaking, dan tanpa test structure seperti di format lain.

TOEFL versi IBT punya nilai tertinggi 120 dan terendah 0, per bagian bernilai 30 dengan durasi pengerjaan 4-5 jam. Kamu akan menyelesaikan soal-soal yang terdiri dari materi tersebut melalui komputer yang terkoneksi dengan internet. 

Jika ITP TOEFL bisa jadi bahan pengajuan beasiswa, IBT TOEFL yang pada akhirnya akan menjadi persyaratan institusi pendidikan luar negeri. Dari sekian banyak jenis tes TOEFL, IBT adalah tes termahal, harganya kira-kira USD195.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru