real
        time web analytics

Dari Kami

Kenali Ragam Pastry Biar Makin Andal Bikin Kue


TOPCAREER.ID – Bagi Anda yang gemar membuat kue, sepertinya Anda perlu tahu soal pastry. Apalagi jika Anda hendak menjadi seorang koki pastry, wajib tahu ragam dan jenisnya. Ada beragam jenis pastry yang bisa Anda mulai buat.

1. Shortcrust Pastry

Shortcrust Pastry adalah jenis pastry yang paling serba guna. Jenis pastry ini cocok untuk pai dengan rasa gurih, manis, tart bahkan flan. Ada beberapa cara yang bisa dipelajari untuk membuat Shortcrust Pastry; bisa dibuat secara manual dengan tangan atau pun dengan mesin pemroses makanan.

Biasanya bahan utama shortcrust pastry terdiri dari tepung terigu serba guna dan lemak yang bisa dibuat dari mentega, lemak hewan, atau campuran dari keduanya.

2. Puff Pastry

Puff Pastry termasuk dalam kategori pastry yang ‘rapuh’ (Flaky Pastry) karena karakteristik bahan utamanya yang terdiri dari lemak dan udara yang sengaja ‘dijebak’ di antara lapisan adonan pastry untuk memberikan tekstur ringan, tipis dan renyah.

Jenis pastry ini membutuhkan waktu yang banyak dalam proses pembuatannya, namun patut kamu coba untuk merasakan pastry yang sesungguhnya.

3. Flaky Pastry

Flaky Pastry digunakan sebagai crust untuk pai yang memiliki tekstur rasa gurih, sausage rolls, eccles cakes dan puff selai. Flaky Pastry sangat baik dibuat dalam kondisi dingin dan harus kerap dimasukkan mesin pendingin dalam pembuatan atau sesudahnya untuk mencegah kandungan lemak meleleh saat dibuat.

4. Rough Puff Pastry

Jenis ini adalah gabungan antara Puff dan Flaky Pastry. Rough Puff Pastry cocok juga diaplikasikan untuk sausage rolls, crust pai gurih atau kue tart. Selain lebih mudah dari segi pembuatan dibandingkan Puff pastry, Rough Puff Pastry juga memiliki keringanan seperti halnya Flaky Pastry.

5. Choux Pastry

Jenis pastry ini memiliki tekstur keringanan yang luar biasa dan cocok untuk digunakan dalam pembuatan eclair, profitelor dan kue sus. Dengan kandungan sederhana seperti mentega, air, tepung dan telur dan tanpa zat pengembang makanan, Choux Pastry menggunakan kadar air yang tinggi untuk menciptakan uap selama memasak untuk mengembangkan pastry.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait