real
        time web analytics

Dari Kami

Kenapa Aktuaris Laris Jadi Buruan Perusahaan (Part 2)


TOPCAREER.ID – Aktuaris masih menjadi profesi yang belum akrab ditelinga banyak orang. Kendati demikian, nyatanya profesi ini laris maris dicari perusahaan tak hanya di Indonesia. Kok bisa?

Seperti diketahui jumlah tenaga aktuaris di Indonesia masih sedikit, sehingga peluang karier bagi lulusan Aktuaria terbuka lebar. "Tenaga aktuaris di Indonesia masih rendah, sedangkan kebutuhan masyarakat akan perlindungan jiwa dan kesehatan diprediksi akan terus meningkat," kata mantan Ketua Umum Persatuan Aktuaris Indonesia, Rianto Djojosugito, beberapa waktu lalu.

Menurut Rianto, setiap tahun Indonesia baru bisa menciptakan sekitar 40 aktuaris. Mendukung pernyataan dari Rianto, mantan Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Edy Setiadi,mengatakan bahwa saat ini di Indonesia ada sekitar 107 perusahaan asuransi yang semuanya membutuhkan tenaga aktuaris.

Hal tersebut belum termasuk perusahaan bidang lain yang membutuhkan aktuaris, sehingga perkiraan kebutuhan seribu tenaga aktuaris itu adalah angka minimum dalam setahun.

Kenapa bisa jadi buruan? Selain karena kemampuannya memperkirakan masa depan keuangan perusahaan, alasan yang menjadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan yang sangat dibutuhkan, terutama oleh perusahaan asuransi adalah adanya keputusan pemerintah yang mewajibkan semua perusahaan asuransi memiliki setidaknya satu orang aktuaris.

Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. 426/KMK.06/2003 pada BAB III Pasal 16 berbunyi

“Perusahaan asuransi jiwa harus mengangkat seorang aktuaris sebagai aktuaris perusahaan yang memiliki kualifikasi sebagai aktuaris dari Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) atau asosiasi sejenis dari luar negeri yang terdaftar sebagai anggota penuh International Association of Actuaries.”

Keputusan tersebut menyebabkan banyak perusahaan asuransi saling berkompetisi untuk merekrut ahli aktuaria yang jumlahnya masih terbatas. Lulusan baru yang belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya pun tidak akan kesulitan mendapat pekerjaan jika kamu sudah memiliki kualifikasi seorang aktuaris dari PAI.

Ada berbagai perusahaan yang membutuhkan seorang ahli aktuaria. Hampir semua perusahaan yang memproduksi produk jangka panjang akan membutuhkan aktuaris. Beberapa perusahaan yang membutuhkan aktuaris antara lain bergerak di bidang Asuransi Jiwa; Asuransi Umum/Kerugian; Kesehatan; Pensiun; Manfaat Karyawan; Kebijakan Sosial; Keuangan, Investasi dan Manajemen Risiko

0 Comments

Skills