real
        time web analytics

Dari Kami

Kenapa Kemenhub Cabut Izin Terbang Vincent Raditya


TOPCAREER.ID -  Beberapa hari belakangan lini masa diramaikan oleh kabar pencabutan lisensi terbang single engine milik pilot sekaligus vlogger Vincent Raditya. Tapi tahukah kamu kenapa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pencabutan tersebut selaku otoritas berwenang?

Seperti diketahui, Kemenhub mencabut lisensi penerbangan single engine Vincent Raditya, gara-gara video penerbangan zero gravity yang dibuatnya. Terkait hal tersebut Kemenhub menilai Vincent melakukan 3 pelanggaran.

Temuan ini dipaparkan Kemenhub dalam surat bernomor AV.402/0041/DKPPU/v/2019 tertanggal 21 Mei 2019. Surat ini diterbitkan setelah Captain Vincent Raditya dipanggil Kemenhub.

Adapun setelah Kemenhub melakukan investigasi terhadap video tersebut dan mendapatkan 3 temuan. Berikut ini hasilnya:

a. Capt Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan membawa penumpang yang duduk di samping Pilot (Hot Seat), tidak menggunakan shoulder harness sesuai ketentuan dalam CASR 91.105 dan CASR 91.107

b. Capt Vincent Raditya memberikan kendali terbang pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY kepada orang yang tidak berwenang. Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan dalam CASR 91.109(a)

c. Capt Vincent Raditya pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172 registrasi PK-SUY dengan sengaja melakukan exercise G Force (zero gravity) kepada penumpang umum

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menekankan kepada Capt Vincent Raditya agar tidak mengulangi perbuatan tersebut karena dapat membahayakan keselamatan penerbangan," demikian bunyi surat dari Kemenhub.

0 Comments

Skills