real
        time web analytics

Dari Kami

Kerjaan Cepat Selesai Jika Sambil Mendengarkan Musik


TOPCAREER.ID – Lebih enak mana, kamu bekerja sambil mendengarkan musik atau malah tanpa musik? Tapi, menurut hasil studi, musik bisa meningkatkan produktivitas kerja dan tugasmu bisa selesai lebih cepat.

Asisten professor dalam program terapi music di University of Miami, Teresa Lesiuk melakukan penelitian tentang pengaruh mendengarkan musik pada kinerja kerja. Dan dari penelitian itu, Dr. Lesiuk menemukan bahwa mereka yang mendengarkan musik menyelesaikan tugas lebih cepat. 

Tak hanya itu, penelitian tersebut juga mengatakan, mereka yang mendengarkan musik akan memiliki gagasan yang lebih baik daripada mereka yang tidak mendengarkan musik. 

Namun, ternyata tidak semua jenis musik mampu meningkatkan produktivitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik pop mengganggu pemahaman dalam membaca dan pemrosesan informasi. Ketika pekerjaanmu dominan dalam menyerap informasi dengan mambaca, ada baiknya tidak memutar lagu ini ketika bekerja. 

Berdasar penelitian tersebut, musik bisa memiliki efek positif pada pekerjaan. Namun, pengaruhnya terhadap produktivitas tergantung pada situasi dan jenis musik. Dr. Haake melakukan penelitian tentang mendengarkan musik di tempat kerja, dan dia mengidentifikasi 5 faktor yang dapat menentukan apakah musik mengganggu atau membantu.

1. Struktur musik 

Lagu-lagu yang memiliki struktur musik yang rumit atau kompleks, seperti “Muffin Man” Frank Zappa dapat lebih mengganggu pendengar jika dibandingkan dengan lagu dengan struktur tiga-akord sederhana, seperti “Leaving on a Jet Plane” karya John Denver.

2. Lirik 

Lirik dapat mengalihkan perhatian, karena itu menyebabkanmu fokus pada pesan lagu dan mengganggu alur pemikiranmu. Lagu-lagu yang bersifat instrumental dinilai baik untuk menghasilkan prduktivitas yang positif. 

Ketika mendengarkan musik dengan lirik saat bekerja, konsentrasimu akan mudah teralihkan dan malah fokus untuk bernyanyi bersama kata-kata.  

3. Mendengarkan jadi kebiasaan 

Jika seseorang terbiasa mendengarkan musik saat bekerja, mungkin akan lebih menguntungkan bukannya jadi pengganggu kerja. Sementara orang yang tidak terbiasa mendengarkan musik ketika berkeja, mereka akan menganggap musik sebagai pengganggu bagi mereka. Kamu yang mana nih?

4. Kesulitan tugas

Jika suatu tugas membutuhkan lebih banyak pemikiran dan fokus, musik dapat membuatnya lebih sulit untuk bekerja secara efisien.Penelitian menunjukkan musik akan sangat ampuh untuk pekerjaan yang berulang atau repetitif. 

5. Kontrol

Ketika musik dipaksakan pada seseorang, biasanya lebih mengganggu daripada saat seseorang memilih lagunya dalam masalah tersebut.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru