real
        time web analytics

Dari Kami

Ketahui Soal Sistem Outsourcing


TOPCAREER.ID – Untuk bisa mendapatkan sumber daya manusia yang cocok, sebuah perusahaan tentu akan mencari jalan terbaik bagi usahanya. Salah satu metode HRD untuk mengikat seseorang untuk bekerja, yakni dengan kerja alih daya atau sistem outsourcing.

Dikutip dari Glints, kerja alih daya adalah sistem kerja yang memanfaatkan pihak ketiga untuk bisa mendapatkan sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi dengan kata lain pihak perusahaan menjalin kerjasama dengan pihak penyedia tenaga kerja agar bisa menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya sementara. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui soal system outsourcing.

1. Perusahaan penyedia jasa  yang benar tak memotong pendapatan pekerjanya

Mengutip dari Robs Jobs, praktik korporasi yang memotong gaji pekerjaannya merupakan hal yang tidak seharusnya dilakukan. Sebab hal tersebut sangat merugikan pihak karyawan dan dapat mengurangi tingkat kesejahteraannya.

Tapi ini bukanlah sesuatu yang seluruhnya salah sebab ada perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak tentang proses pembagian hasil upah. 

2. Perjanjian kerja outsourcing tergolong singkat

Sistem alih kerja ini memiliki kontrak waktu sementara aja. Sehingga Anda tak bisa merencanakan karier jangka panjang.

Selain hanya sementara, durasi yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari bulanan hingga tahunan. Biasanya sih sekitar 1 atau 2 tahunan. Waktu tersebut tergolong singkat karena Anda tak tahu persih apakah kontrak bakal diperpanjang atau tidak.

3. Jenjang karier yang sulit direncanakan

Masih berhubungan sama kontrak kerja yang singkat, setiap orang pasti menginginkan jenjang kariernya terus meningkat seiring pengalaman yang semakin bertambah. Namun, status karyawan yang belum menjadi karyawan tetap membuat karier sulit naik. 

Tapi tak menutup kemungkinan juga bisa cepat naik untuk beberapa kondisi. Mungkin itu salah satu keadaan yang sulit dihadapi oleh para pekerja yang terjerat sistem ini.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills