real
        time web analytics

Dari Kami

Ketika Perusahaan Startup Tak Lagi Disebut Startup


TOPCAREER.ID – Perusahaan teknologi ternama seperti Go-Jek, Bukalapak, atau Tiket.com disebut sebagai perusahaan startup raksasa di Indonesia. Seiring berjalannya waktu dan dibarengi oleh naiknya valuasi di tiap perusahaan itu, apakah mereka masih bisa disebut sebagai perusahaan startup

Bahkan perusahaan seperti Uber (6 tahun ) dan Facebook (11 tahun) masih sering disebut startup, padahal bahasa startup secara harfiah adalah memulai. Seperti tidak ada pengertian yang sama soal startup secara universal sehingga tak ada pakem-pakem apakah perusahaan tersebut merupakan startup dan kapan nama itu berhenti disandangkan. 

Definisi

Coba mengetahui apa itu startup dari Merriam-Webster (kamus online Amerika paling tepercaya) yang  mengartikannya (baik atau tidak menggunakan tanda hubung adalah pertanyaan lain tanpa jawaban yang diterima secara universal) sebagai perusahaan bisnis yang baru lahir. 

Lalu menurut Paul Graham, pendiri Y Combinator, dalam dunia bisnis, kata “startup” melampaui sebuah perusahaan yang baru saja lepas landas. Istilah startup juga terkait dengan bisnis yang biasanya berorientasi pada teknologi dan memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. 

Startup memiliki beberapa perjuangan unik, terutama dalam hal pembiayaan. Itu karena investor mencari laba atas investasi tertinggi, sambil menyeimbangkan risiko terkait,” kata Graham dalam laman Business.com.

Aturan 50-100-500

Banyak orang mencoba menetapkan batasan, mana yang merupakan perusahaan startup dan mana yang bukan, berdasarkan metrik seperti jumlah karyawan, jumlah putaran pendanaan, pendapatan, atau laba.

Penulis TechCrunch Alex Wilhelm menetapkan aturannya sendiri, yakni 50-100-500. Menurut aturannya, jika sebuah perusahaan memenuhi atau melampaui salah satu kriteria berikut, itu bukan sebuah startup:

- USD50 juta tingkat rate pendapatan (maju 12 bulan).

- 100 atau lebih karyawan.

- Senilai lebih dari USD500 juta.

Masalah yang kemudian timbul dari aturan Wilhelm soal startup ini bahwa jumlah yang terlibat cukup sewenang-wenang atau semaunya. Misalnya, pemodal ventura Adam D'Augello menetapkan batas karyawan untuk memulai pada usia 50. Tidak ada cara pasti, nomor (atau metrik) mana yang tepat untuk digunakan.

Ukur dari Kedewasaan

Sementara itu, Dr Massimo Garbuio, Dosen Senior Entrepreneurship di University of Sydney, lebih memilih definisi awal, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang berfokus pada kematangan daripada ukuran.

“OECD membedakan antara perusahaan muda (0-5 tahun) dan perusahaan dewasa (6+ tahun). Startup adalah bagian dari bisnis muda dalam tiga tahun pertama operasi (0-3 tahun),” jelas Dr Garbuio. 

Jika menggunakan definisi OECD yang relatif mudah, bisnis yang sudah lebih dari tiga tahun bukan merupakan startup lagi. Namun, tidak jarang perusahaan yang berusia lima atau enam tahun masih dalam mode startup, masih berjuang untuk menemukan model bisnis mereka misalnya. 

“Oleh karena itu, acara penting seperti IPO (initial public offering, penjualan pertama saham umum) atau diakuisisi dapat menjadi cara alternatif untuk memikirkan cara membedakan startup dari bisnis yang lebih matang. Begitu perusahaan memiliki seorang CEO profesional, umumnya telah melewati fase startup,” tambah Profesor Stephen Zhang, seorang dosen di bisnis internasional University of Sydney.

Pakar lain lebih suka menggunakan ukuran kualitatif yang berfokus pada transisi bisnis dalam pola pikir dan model ketika mendefinisikannya.

“Sebagai perusahaan publik, saya tidak akan menganggap Facebook atau LinkedIn sebagai startup, misalnya. Jika berpikir tentang budaya mereka dan cara mereka beroperasi, maka mereka mungkin lebih dekat dengan startup dibandingkan dengan bisnis mature yang lebih konvensional,” ujar Dr. Garbuio.

Jadi, sepertinya startup adalah judul yang trendi dan definisi yang sah pada saat yang sama. Mereka adalah fenomena yang telah menentukan era bisnis saat ini, mendorong industri menuju masa depan yang semakin terobsesi teknologi.

 

0 Comments

Lowongan Terbaru