real
        time web analytics

Dari Kami

Keuntungan Perusahaan yang Sahamnya Go Public


TOPCAREER.ID – Pemerintah kerap mendesak perusahaan untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau berencana IPO (Initial Public Offering). Namun, keuntungan apa yang didapat perusahaan jika sudah melakukan IPO?

Sebelumnya, perlu paham apa itu IPO. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, berarti penawaran umum perdana. Artinya, proses pertama kali sebuah saham dijual kepada masyarakart umum oleh perusahaan yang go public. 

Istilah go public sendiri memang khusus digunakan di dunia pasar modal, yaitu untuk menghimpun dana dari masyarakat. Jadi, jika sebelumnya perusahaan yang belum IPO sahamnya dimiliki oleh orang-orang tertentu, lalu ketika perusahaan IPO, berubah menjadi terbuka. Dalam arti, masyarakat berkesempatan untuk ikut memiliki saham sebuah perusahaan publik itu.

Keuntungan IPO bagi perusahaan 

Biasanya perusahaan yang mulai melakukan IPO dilatari oleh kebutuhan tambahan modal segar. Menjadi perusahaan yang sudah IPO juga menjadi kesempatan untuk berkembang pesat. Berikut beberapa keuntungan lainnya.  

1. Insentif Pajak

Malah, dilansir dari Go Public BEI, perusahaan bakal dapat keuntungan dari pemerintah, melalui insentif pajak.   

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2015, perusahaan seperti ini bisa mendapatkan penurunan Pajak Penghasilan alias PPh sebesar lima persen lebih rendah daripada PPh Wajib Pajak badan dalam negeri umumnya.

2. Meningkatkan Nilai Perusahaan (Company Value)

Dengan menjadi perusahaan publik yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, setiap saat publik dapat memperoleh data pergerakan nilai perusahaan. Setiap peningkatan kinerja operasional dan kinerja keuangan umumnya akan mempunyai dampak terhadap harga saham di Bursa, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Image Perusahaan

Jika perusahaan sudah tercatat di Bursa Efek Indonesia, maka informasi dan berita tentang perusahaan akan sering diliput oleh media, penyedia data, ataupun analis di perusahaan sekuritas. Kalau sudah terpublikasi, maka image perusahaan juga akan meningkat. Hal ini akan menciptakan peluang-peluang baru dan pelanggan baru dalam bisnis perusahaan.

4. Membuka Akses Perusahaan terhadap Sarana Pendanaan Jangka Panjang

Pemodalan yang diperoleh dari pasar modal dapat digunakan untuk meningkatkan modal kerja dalam rangka membiayai pertumbuhan perusahaan, untuk membayar utang, untuk melakukan investasi, atau melakukan akuisisi. Go public juga akan meningkatkan nilai ekuitas perusahaan sehingga perusahaan memiliki struktur pemodalan yang optimal.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru