real
        time web analytics

Dari Kami

Kriteria Pemain Centre Back Pilihan Indra Sjafri


Sumber: Goal

TOPCAREER.ID – Posisi pemain centre back atau bek tengah merupakan penjaga daerah tengah pertahanan yang perannya penting dalam permainan. Pemilihannya pun tidak sembarangan. Indra Sjafri berbagi bagaimana memilih pemain centre back yang baik. Kira-kira kriteria centre back seperti apa yang dipilih Indra Sjafri? 

“Kalau mau men-scouting pemain (centre back) harus cari pemain yang cerdas, mampu mengarahkan permainannya ke kiri dan kanan. Dia bisa kontrol permainan, itu salah satu karakteristik centre back,” kata Pelatih Tim Nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri dalam Buka Talks BukaLapak.

Kemudian, tambah dia, kecepatan serta kualitas dalam passing bola juga jadi pertimbangan. Apalagi posisi centre back ini akan berhadapan dengan pemain-pemain lawan yang menghadap ke gawang. Posisi ini juga sering menghadapi situasi sulit dalam melepas bola lantaran mendapat pressure lawan.  

Indra Sjafri menjelaskan bahwa pemain centre back harus memiliki kemampuan utuk mengubah arah permainan dan selalu berada di posisi yang tepat.  

“Kedua bisa melakukan pilihan yang sederhana, orangnya enggak neko-neko, main selalu simple. Passing setelah satu dan dua sentuhan untuk mempertahankan position,” kata Indra. 

Centre back itu ada tiga fase, yakni perlu membangun serangan, pertama penjaga gawang mengawali dan ada 2 centre back yang build up. Sebenarnya saya lebih suka satu fase aja dari kiper ke kiper bisa goal,” ucap Indra sambil berkelakar.

Dalam scouting pemain centre back, kemampuan komunikasi juga jadi pertimbangan. Pemain posisi ini harus bisa komunikasi dengan pemain terdekat, khususnya pemain-pemain belakang lainnya. Jadi kemampuan organisasi harus baik. 

Ia melanjutkan, pemain ini harus mampu bertahan dengan berbagai cara. Tahu kapan harus pressure, kapan harus memiliki insting menjaga depan. “Itu benar-benar kriteria scouting untuk centre back.”

Nah ada lagi pertimbangan dari segi fisik pemain. Indra menjabarkan, pemain centre back harus cepat dalam lari jarak pendek dan medium, juga kuat dalam menguasai bola. 

Selanjutnya, mampu duel menghadapi lawan karena kerap kali posisi ini juga seperti kiper yang sering duel langsung dengan lawan. Selain itu, harus memiliki kelincahan. Dari sisi psikologi, Indra menyampaikan bahwa centre back harus punya mental pembunuh. 

“Punya mental pembunuh di sini bukan prinsip dulu, yang bola boleh lewat, lawan enggak boleh lewat. Pembunuh ini betul-betul enggak mau mengalah. Mampu berbicara dan berkomunikasi serta confident.”

Indra menambahkan, jika pemain centre back tak memiliki sikap percaya diri, maka akan sulit jika harus menghadapi lawan. Karena tak cuma satu orang lawan, centre back sering menghadapi dua orang lawan sekaligus. Terakhir yang diperlukan adalah sikap disiplin serta tanggung jawab. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru