real
        time web analytics

Dari Kami

KSEI Targetkan Investor Pasar Modal Tumbuh 2,2 Juta


TOPCAREER.ID - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menargetkan pertumbuhan jumlah investor di pasar modal Indonesia pada 2019 bisa mencapai 2,2 juta investor atau meningkat 40% dari tahun ini.

Berdasarkan data Single Investor Identification (SID) per 26 Desember 2018 jumlah investor di mencapai 1,6 juta. Angka ini meningkat 44,06% dibandingkan jumlah investor di periode yang sama di 2017 sebesar 1,1 juta.

"Kalau sekarang naik sekitar 40%, jadi berharap tahun depan bisa naik lagi 40%," ujar Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari dalam acara media gathering ulang tahun KSEI ke-21 di Jakarta.

Dia menjelaskan, untuk mendorong pertumbuhan investor upaya sosialisasi pasar modal ke berbagai universitas di Indonesia akan terus di genjot. Saat ini, kata Friderica, sudah ada 300 galeri investasi di seluruh Indonesia.

Selain itu, rencana dana dari Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) yang ditargetkan bisa masuk ke pasar modal, jika terealisasi maka akan menambah jumlah investor. Setidaknya, kata dia, bisa menambah 4,5 juta investor baru.

"Kalau itu bisa terlaksana tahun depan jumlah investor kita akan melonjak signifikan. Tapi kan itu kan di luar (kewenangan) kita (untuk memutuskan), jadi memang menunggu keputusan BP Tapera," jelasnya.

0 Comments

Rekomendasi

Terkait