real
        time web analytics

Dari Kami

Lakuin Hal Kecil Ini Saat Traveling Sama Dengan Menjaga Bumi


TOPCAREER.ID – Sah-sah saja melepas penat bekerja dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat yang indah dan eksotis. Apalagi banyak banget tempat-tempat indah di Indonesia. Tapi sebagai manusia, tentu punya tanggung jawab untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan meski tengah menikmati perjalanan. 

Banyaknya peristiwa kerusakan lingkungan akibat orang tak bertanggung jawab saat traveling perlu dijadikan pelajaran. Sebetulnya ada beberapa hal kecil yang bisa kamu lakukan saat traveling, tapi jadi penyumbang besar kelestarian lingkungan, seperti dikutip dari beberapa sumber. 

Jangan buang sampah sembarangan

Ketika mulai dari hal kecil ini, kamu udah turut menyumbang perhatian terhadap lingkungan. Coba untuk biasakan membuang sampah pada tempatnya. Malah, kalau bisa saat nemu sampah di jalan, ambil dan buang pada tempatnya. Dengan begitu traveling kamu bisa lebih melestarikan lingkungan. 

Kalau kamu sering traveling ke pantai, hindari buang sampah ke laut ya, apalagi sampah plastik. Kasihan nanti binatang yang ada di laut kena polusi-polusi akibat sampah yang dibuang sembarangan. 

“Plastik adalah bahan yang sangat keras sehingga sulit dipecahkan kecuali kamu bisa membakarnya," kata Profesor Andrew Holmes, seorang profesor emeritus di Universitas Melbourne, dalam laman ABC Australia.

Bawalah botol air sendiri

Kalau punya kebiasaan membeli air minum kemasan saat bepergian atau liburan, coba ganti kebiasaanmu itu. Gunakan botol air sendiri yang bisa kamu bawa ke mana-mana, jadi tinggal diisi ulang saja. Jangan khawatir tidak bisa mengisi ulang air botolmu, apalagi kalau traveling ke kota-kota yang lebih modern, biasa terdapat air minum (keran) yang bisa dikonsumsi publik.

Kalau kamu pergi ke wisata alam, malah kamu bisa menemukan berbagai sumber air bersih yang murni. Kamu bisa membawa filter air yang kecil sehingga enggak perlu khawatir kalau cuma ketemu air mentah. Dengan hal kecil itu saja kamu sudah bisa menjaga planet bumi ini. 

Manfaatkan transportasi umum atau berjalan kaki

Ada dua manfaat kalau kamu mamanfaatkan transportasi umum atau malah berjalan kaki. Pertama dan terpenting, cara ini adalah yang paling pasti untuk meminimalkan dampak lingkungan dengan mengurangi jejak emisi. 

Kedua, ketika kamu memanfaatkan hal tersebut kamu bisa lebih dekat dengan penduduk setempat, kamu bisa lebih merasakan pemandangan sekitar, jadi lebih nikmat. 

Menginap di green hotel

Saat ini semakin banyak hotel yang mengadopsi hotel ramah lingkungan untuk meminimalkan dampak perubahan iklim. Sebelum memilih green hotel, coba cari tahu dulu. Kamu bisa hubungi pihak hotel dan mengajukan pertanyaan seperti  program daur ulang apa yang dilakukan hotel saat ini? Atau program apa yang dilakukan hotel saat ini untuk mengurangi konsumsi energinya?

Kalaupun kamu menginap di hotel biasa, lakukan hal kecil dengan memastikan lampu hotel telah dimatikan saat kamu tidak di kamar. Namun, saat ini ada sebagian hotel yang sudah otomatis mematikan lampu ketika tamunya meninggalkan kamar saat melepas kunci kartu. 

Tetaplah pada jalur yang ditentukan ketika menjelajah taman nasional

Kenapa hal ini menjadi penting? Jalur itu merupakan alat vital untuk menegakkan langkah-langkah konservasi demi membatasi pengunjung agar enggak ke jalur yang bisa menyebabkan kerusakan ekosistem. 

Pemerintah menciptakan jalur itu juga enggak mungkin tanpa tujuan. Mereka menyediakan akes yang aman dan mudah ke tempat-tempat yang semula tidak terjangkau, seperti kawah atau rawa-rawa. 

 

0 Comments

Lowongan Terbaru