real
        time web analytics

Dari Kami

Lima Hal Ini Bisa Bikin Kamu Bokek


TOPCAREER.ID – Holiday sudah mau habis, bagaimana kondisi keuangan kamu saat ini? Jangan biarkan bokek menghampiri di tahun baru. Jadi, ada baiknya kamu pikir berulang kali saat ingin menghabiskan uangmu. Ada 5 produk dan layanan yang rentan bikin kamu bokek, nih. Jadi coba pertimbangkan sebelumnya.

1. Member gym dan peralatan olahraga

Ada yang memang serius ikut member gym karena memang gemar berolahraga, tapi ada juga nih yang ikut member gym hanya angot-angotan saja yang pada akhirnya malah tak terpakai dan sia-sia. Bayar bulanan member gym paling tidak sekitar Rp150 ribu-Rp3 juta per bulan.  Kalau saja Rp150 ribu tidak digunakan dalam satu tahun (12 bulan), coba hitung berapa uang yang sudah terbuang. 

“Jangan menghabiskan uang untuk hal-hal yang Anda pikirkan Anda akan termotivasi untuk melakukannya jika Anda belum terlibat dalam kegiatan itu,” kata Nataliya Grygoryeva, salah satu pemilik Araliya Valuation Consulting, sebuah praktik evaluasi bisnis di Florida.

2. Makan di luar

Greg Shepard, CEO dan pendiri Emily's Maids, sebuah layanan kebersihan di Dallas, membuat makan siangnya dan membawanya ke kantor. “Kenapa? Karena berhenti makan di luar membuatmu jadi jutawan - secara harfiah,” kata Shephard dalam US News.

“Saya membaca tentang keajaiban bunga majemuk dan bagaimana jumlah uang yang tampak kecil dapat menambah kekayaan masa depan. Biaya makan siang antara USD10 dan USD15. Dengan 21,65 hari kerja rata-rata per bulan,dan makan siang USD10 akan menghemat USD216,50 per bulan.”

3. Food delivery

Dengan semua opsi yang tersedia untuk pengiriman makanan, seperti Go-Food atau Grab Food ditambah dengan diskon-diskon yang tersedia, memang pilihan ini sangat menggoda. Namun, kalau ingin menghemat pengeluaran, hindari pelayanan seperti ini. 

“Kecuali jika kamu memesan lebih besar untuk kantor, itu akan membuat pesanan USD8 menelan biaya USD18,” kata Nishank Khanna, CEO Clarify Capital di New York City. Mungkin ada kalanya memesan makanan, biaya antarnya lebih besar daripada harga makanan itu sendiri.

4. Garansi

Ada begitu banyak cara untuk menghabiskan uang saat berbelanja, tetapi satu cara mudah adalah menghindari membeli garansi, kata Marc Andre, seorang blogger keuangan pribadi di York, Pennsylvania, yang mengelola Vital Dollar.

“Ini mungkin terlihat seperti opsi yang baik karena hanya menambah jumlah yang relatif kecil untuk pembelian, tetapi kemungkinan kamu akan membutuhkan perpanjangan garansi itu. Plus, beberapa jaminan memiliki syarat dan ketentuan yang membuat sulit untuk mendapatkan pengganti,” ujar Andre.

5. Pembelian peralatan

Jangan membeli alat mahal yang kamu pikir hanya akan digunakan satu kali. Kalau kamu butuh aat perbaikan mobil mungkin kamu bisa cek penyewaan alat, atau cek tetangga sebelah mungkin bisa meminjam untuk sementara waktu. 

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Lowongan Terbaru