real
        time web analytics

Dari Kami

Lima Ide Startup yang Menjanjikan di Masa Depan


TOPCAREER.ID Ada banyak peluang yang tersedia kalau ingin membangun startup dengan masa depan yang baik. Memang tak bisa dipungkiri jika startup tech saat ini dinilai menjanjikan. Namun, sebelum itu coba dilihat dulu industri apa saja yang diprediksi bakal mempunyai pertumbuhan yang cepat. 

Ada beberapa industri yang memiliki peluang besar beberapa tahun ke depan jika ingin membangun startup, dilansir dari Business News Daily.

1. Artificial Intelligence (AI)

Forrester Research memperkirakan industri AI yang didefinisikan sebagai “teknologi komputasi kognitif”, akan tumbuh menjadi USD1,2 triliun pada tahun 2020 dengan perkiraan pertumbuhan tahunan Produk Domestik Bruto (PDB) global sebesar 3,5 persen. Sementara, sumber lain dengan perkiraan konservatif memperkirakan pasar akan mencapai USD70 miliar dalam jangka waktu yang sama.

Kalau kamu tahu chatbot, ya itulah kecanggihan AI yang kini mungkin paling dekat degan kehidupanmu. Lewat chatbot, program komputer tersebut mampu menirukan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks. 

Kecerdasan buatan ini sebenarnya mencakup beragam model, seperti aplikasi berbentuk asisten virtual (Cortana, Siri atau Alexa), perwakilan customer service otomatis pada live chat, dan algoritma yang menganalisis sejumlah besar data untuk memberikan rekomendasi dan peringatan waktu nyata.

2. Mixed Reality 

Analisis internal Deloitte LLP yang dirilis pada April 2017 menyatakan bahwa 52 dari 500 perusahaan Fortune (daftar perusahaan yang diperingkat berdasar pendapatan bruto) sedang menguji atau telah menyebarkan produk dan solusi Augmented Reality (AR)/Virtual Reality (VR), dan angka-angka tersebut meningkat sejak saat itu.

Lindsey Vontz, manajer pemasaran konten untuk desain platform crowdsourcing grafis 99designs mengatakan, proyek-proyek mixed reality adalah salah satu kategori yang paling cepat berkembang di platform dalam beberapa tahun terakhir. Kamu yang mau bikin startup mungkin bisa pertimbangkan industry satu ini. 

Mixed reality adalah industri yang sebagian besar tumbuh di balik aplikasi hiburan dan bisnis. Untuk bisnis, mixed reality menawarkan manfaat seperti meeting dengan peserta jarak jauh agar lebih efisien, melatih pekerja di lingkungan yang imersif dan langsung tanpa risiko aset. Menurut SuperData, pasar mixed reality diproyeksikan mencapai USD6,9 miliar pada 2024.

3. Percetakan 3D

Dengan keterampilan dan peralatan teknis yang tepat, apa saja bisa dicetak menjadi 3D, dari suku cadang mobil hingga peralatan dapur. Salah satu contoh paling terkenal dari manufaktur aditif (proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari model digital) adalah nosel bahan bakar cetak 3D yang digunakan pada mesin jet LEAP GE.

Kelompok riset Markets and Markets mengharapkan industri pencetakan 3D akan tumbuh hingga USD32,78 miliar pada 2023. Percetakan 3D bisa jadi terobosan besar dalam industri manufaktur yang kini tengah mengalami modernisasi luas. 

4. Mobile Food Bisnis

Makanan yang lebih menarik dan tidak biasa akan semakin baik. Pedagang kaki lima dan truk makanan khususnya memiliki pertumbuhan pendapatan yang diproyeksikan sebesar 3,7 persen selama tiga tahun ke depan, yang akan membawa total industri menjadi USD1,7 miliar. 

IBISWorld mengutip bahwa peningkatan permintaan untuk pedagang kaki lima mencerminkan keinginan konsumen untuk truk makanan gourmet yang lebih unik - yang telah populer di kota-kota pesisir dan trendi selama beberapa tahun, tetapi memprediksi pasar lapis kedua industri juga akan mengalami kenaikan tajam selama beberapa tahun ke depan.

5. Aplikasi pendidikan dan pembelajaran online

Industri pendidikan online global diproyeksikan meningkat setiap tahun lebih dari 20 persen, dengan kursus-kursus dalam permintaan termasuk akademisi, bahasa, dan sertifikasi bisnis dan pemasaran profesional.

Pasti sekarang kamu bisa merasakan bahwa cara belajar saat ini tidak hanya di kelas dan diajar oleh guru, tapi bisa lewat online dengan berbagai metode. Belajar di kelas dengan metode satu arah saat ini dianggap sebagai metode yang konvensional.  

 

0 Comments

Lowongan Terbaru