real
        time web analytics

Dari Kami

Lima Peluang Karier Keren di Industri Penerbangan


TOPCAREER.ID – Yang punya cita-cita bekerja di industri penerbangan, jangan hanya kenal pilot saja karena banyak pekerjaan yang berkaitan dengan transportasi udara ini. Banyak di antaranya yang keren-keren untuk dijadikan karier masa depan. Berikut beberapa peluang karier di industri penerbangan.

1. Air Traffic Controller

Berdasar informasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (DJPU), ATC ini merupakan profesi pemandu lalu lintas udara untuk mencegah antar pesawat terlalu dekat satu sama lain. 

Kalau lalu lintas udara tak diatur oleh para ATC ini, maka tabrakan antarpesawat bisa sering terjadi. Tak hanya antarpesawat, tapi ATC juga mencegah tabrakan pesawat dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi. 

“Air Traffic Controller juga berperan dalam membantu pilot memngendalikan keadaan darurat, dengan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan, seperti informasi cuaca, navigasi pnerbangan, dan lalu lintas udara,” tulis akun Instagram DJPU.

2. Flight Dispatcher

Flight Dispatcher ini pekerjaannya adalah memastikan proses penerbangan bisa berjalan dengan baik dari awal sampai akhir. Flight Dispatcher menyediakan informasi terkait hal teknis dan non teknis penerbangan yang ditanganinya. 

Nah, jika tidak ada persetujuan dari flight dispatcher, maka pesawat pun tak akan diberangkatkan. Peran penting dispatcher tertuang dalam CASR (Civil Aviation Safety Regulation) dan dlama Surat Edaran Keselamatan Penerbangan No SE Tahun 2016, terkait pengawasan operasional penerbangan. 

3. Pemasang atau Teknisi Listrik Pesawat

Mereka yang tertarik pada pekerjaan di bidang teknik listrik dapat mengeksplorasi pekerjaan sebagai installer atau teknisi listrik pesawat. Teknisi ini bertanggung jawab untuk melakukan pengujian, mengatasi masalah peralatan dan sistem, dan mengembangkan atau memodifikasi komponen listrik. Mereka biasanya bekerja di departemen teknik.

4. Insinyur Pembuatan Pesawat Terbang

Kalau kamu tertarik di bidang teknik, kamu bisa bekerja sebagai insinyur manufaktur pesawat. Teknisi ini bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menanamkan berbagai jenis sistem manufaktur untuk jenis pesawat tertentu, mengembangkan program pemeliharaan, dan memenuhi kuota produksi. Pekerjaan ini bersifat sangat teknis dan mungkin membutuhkan pelatihan di tempat kerja yang ekstensif.

5. Flight Operation Officer

Profesi ini bertanggung jawab atas keselamatan penerbangan dalam aspek persiapan operasional, pengendalian, dan pengawasan bersama pilot. Pekerjaan ini hamper punya tanggung jawab yang sama seperti flight dispatcher. Karena fungsi FOO ini dibagi menjadi 3, yakni Flight Dispatch, Operation Controller, dan Flight Following. 

Mereka akan mulai persiapan sebelum penerbangan, seperti melakukan pengecekan terhadap performa pesawat, menganalisa cuaca, merencanakan rute penerbangan, ketinggian, berat pesawat, dan melakukan briefing ke pilot. Keberhasilan penerbangan pesawat saat lepas landas semua dipantau hingga mendarat.

 

0 Comments

Rekomendasi

Terkait

Skills