real
        time web analytics

Dari Kami

Lingkup Kerja pada Air Traffic Control


TOPCAREER.ID – Air Traffic Controller (ATC) masuk dalam bagian pelayanan pengendalian lalu lintas udara yang memiliki beberapa lingkup kerja. Dalam pelayanan pengendalian lalu lintas udara ini, setidaknya ada tiga bagian yang terdapat pada ATC.

1. Aerodrome Control Tower (ADC)

Melakukan pengaturan terhadap pesawat (traffic) secara visual di sekitar bandara; manoevring area dan movement area seperti apron (tempat parkir pesawat), taxiway, runway (landasan) dan sekitarnya. Unit ADC bekerja di tower dan gedung tower merupakan landmark bagi sebuah bandara.

Di bagian Aerodrome Control Service (TWR) bekerja sama dengan Ground Control atau petugas lalu lintas pesawat di darat.

Bagian TWR akan memberikan izin terbang "clear for take-off" dan izin mendarat "clear to land" kepada setiap pesawat.

2. Approach Control Office (APP) 

Memandu pesawat yang berangkat dan mendarat pada suatu bandara. Di unit ini bertugas menentukan urutan datang maupun berangkat. Memberikan layanan Air Traffic Control Service, Flight Information Service, dan Alerting Service, kepada pesawat yang berada di ruang udara sekitar bandar udara.

Bagian kedua ATC yaitu Approach Control Service (APP) mempunyai tugas untuk mengatur ketinggian pesawat dan pemisah di atas ketinggian 4.000 kaki atau sampai TWR tidak melihat posisi pesawat sampai ketinggian 15.000 kaki.

Tugas APP lainnya adalah mengatur pesawat saat berada di sekitar bandara, baik yang mendekat maupun yang akan berangkat.

3. Area Control Center (ACC) 

Lalu bagian yang terakhir adalah Area Control Service (ACC) yang bertugas mengatur lalu lintas udara untuk pesawat yang berada di luar jarak pandang tower ATC.

Memberikan layanan Air Traffic Control Service, Flight Information Service, dan Alerting Service, kepada penerbang (pesawat) yang sedang menjelajah (en-route flight) terutama yang termasuk penerbangan terkontrol (controlled flights). Memandu pesawat terbang lintas (overflying) dari satu bandara ke bandara lain pada ketinggian di atas 24.500 kaki.

 

0 Comments

Skills