real
        time web analytics

Dari Kami

Lowongan CPNS Dibuka, Ini Posisi yang Paling Dibutuhkan


Tes Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). (Sumber: Bekraf)

TOPCAREER.ID – Jika tak ada halangan, seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal dibuka selepas pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018. Prioritas posisi yang dibutuhkan adalah jabatan teknis, seperti tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur mengatakan seleksi CPNS memfokuskan pada jabatan teknis dan spesialis, guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

“Kita memerlukan spesialisasi keahlian sehingga perencanaan dan usulan ASN (Aparatur Sipil Negara) baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core bisnis instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita sehingga dapat meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional,” kata Asman dalam siaran persnya.

Asman berpendapat bahwa untuk memasuki era industri 4.0, tak terkecuali dihadapi oleh Indonesia, kelak memerlukan ASN yang profesional juga berwawasan global.  

“Menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki daya hospitality, entrepreneurship, dan networking, serta tentunya tetap harus memiliki rasa nasionalisme dan berintegritas,” lanjut Asman.

Jadi, menurut dia, setidaknya ada enam prinsip yang harus dipenuhi dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS, yakni kompetitif, adil, transparan, objektif, bersih dari praktik KKN, serta tidak dipungut biaya.

Menurut rilis Kemenpan RB tersebut, jumlah ASN yang memiliki proporsi terbesar adalah tenaga pelaksana/administrasi sebesar 1,6 juta atau 38 persen dari total jumlah ASN saat ini, yaitu 4,3 juta lebih.

Sementara, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Diah Eka Palupi, ketika ditanya terkait rencana penyelenggaraan CPNS 2018 ini, ia mengaku pihaknya masih menunggu perintah koordinasi dari Kemenpan RB.

“Belum ada pengumuman resmi dari Kemenpan RB. Rencananya habis pilkada, dan hanya formasi daerah,” kata Diah lewat pesan singkat saat dikonfirmasi oleh TopCareer.id.

0 Comments

Lowongan Terbaru