real
        time web analytics

Dari Kami

Lowongan Kerja Naik 19,2 Persen, Paling Banyak Sektor Formal


Job vacancy

TOPCAREER.ID – Berdasarkan laporan Bank Indonesia (BI), terjadi pertumbuhan lowongan kerja pada kuartal II 2018 ini yang rata-ratanya mencapai 19,2 persen, naik dibanding kuartal sebelumnya, yaitu 18,47 persen. Dari pertumbuhan lowongan pekerjaan ini, sebesar 85 persen disumbang dari sektor formal.

Hal itu seperti yang diutarakan oleh Direktur Eksekutif Kepala Departemen Statistik BI, Yati Kurniati. Ia menyatakan sektor pertambangan dan penggalian mengalami pertumbuhan, yakni sebesar 53,5 persen.

Diikuti oleh sektor kontruksi sebesar 48,5 persen, sektor jasa keuangan dan asuransi sebesar 47,7 persen, perdagangan besar dan eceran 25,1 persen, serta sektor penyediaan akomodasi dan makanan minuman sebesar 16,4 persen.

“Jumlah tenaga kerja pada kuartal I banyak yang mengatakan ada pengangguran sehingga hasilnya negatif. Tapi kuartal II ada penambahan tenaga kerja, misalnya di pertanian 0,87 persen. Perdagangan, hotel, dan restoran 1,54 persen, dan jasa-jasa 0,93 persen. Yang turun industri pengolahan -0,02 persen,” kata Yati kepada awak media di Bank Indonesia.

Sementara itu, mengenai tipe pekerjaanya, dari ratusan ribu survei lowongan pekerjaan, sebesar 80 persen merupakan pekerjaan yang membutuhkan keahlian teknis.

“Yang non skill seperti sopir dan lainnya itu lebih banyak iklan di koran dan jumlahnya juga tidak lebih dari 20 persen,” ucap yati.

Yati menjelaskan, indeks pertumbuhan lowongan pekerjaan tersebut diperoleh dari pengumpulan data berdasar big data. Data-data tersebut di antaranya diambil dari beragam situs lowongan pekerjaan di internet, juga iklan media cetak dengan menghilangkan duplikasi lowongan.

Dari data-data itu, setidaknya ada ratusan ribu lowongan pekerjaan yang menjadi objek survei Bank Indonesia. “Bahwa di kuartal II ini arahnya mulai membaik lowongannya,” pungkas Yati.

0 Comments

Lowongan Terbaru