real
        time web analytics

Dari Kami

Lowongan Pekerjaan Paling Banyak Ada di Luar Jawa


TOPCAREER.ID – Dari pertumbuhan lowongan pekerjaan kuartal II tahun 2018 sebesar 19,2 persen, yang paling besar mengalami kenaikan ada di wilayah luar Pulau Jawa. Sebut saja di Sumatera Selatan yang mengalami pertumbuhan lowongan pekerjaan sebesar 97,01 persen.

Direktur Eksekutif Departemen Statistik Bank Indonesia (BI), Yati Kurniati menyatakan bahwa pertumbuhan lowongan kerja paling banyak terutama di Sumatera dan Kalimantan. Yati menambahkan, untuk Pulau Jawa sendiri masih tumbuh di atas 10 persen, meski trennya menurun.

“Masih banyak lowongan pekerjaan yang ditawarkan di Jawa. Hanya saja, pertumbuhannya lebih tinggi di Sumatera dan Kalimantan, misalnya di Riau,” kata Yati kepada awak media di Bank Indonesia.

Pertumbuhan paling tinggi itu ada di Sulawesi Tengah, yakni sebesar 111,76 persen. Provinsi lain yang mengalami pertumbuhan lowongan pekerjaan di antaranya, Kepulauan Riau 67,18 persen. Lalu Sumatera Utara dengan pertumbuhan 59,02 persen, Riau 49,75 persen, kemudian Kalimantan Timur sebesar 22,38 persen.

Untuk DKI Jakarta sendiri pertumbuhan lowongan kerja sebesar 59,02 persen, kemudian Jawa Timur 7,39 persen, Jawa Tengah ada di angka 14 persen, dan Jawa Timur 30,32 persen. “Sedangkan Banten mengalami penurunan, yakni -11,61 persen,” ujar Yati.

Menurut Yati, naiknya pertumbuhan lowongan pekerjaan pada kuartal II 2018 ini merupakan efek dari membaiknya perekonomian. Yati menambahkan, membaiknya harga komoditas membuat perusahaan mulai meningkatkan tenaga kerja sehingga pertumbuhan lowongan kerja di luar Pulau Jawa naik tinggi.

0 Comments

Lowongan Terbaru